Bruce Lee Made In Afghanistan

Bruce Lee Made In Afghanistan
MIRIP ASLINYA: Abbas Alizada berpose di Kabul, Selasa (9/12). Dia ingin memberikan kesan apik tentang negerinya. Foto: Mohammad Ismail/Reuters

jpnn.com - APA yang terlintas di benak Anda soal Afghanistan? Alamnya nan elok dan dilintasi jalur sutra masa lalu? Atau, perang tak berkesudahan yang mengubah wajah negeri? Tapi, kini Anda bisa mengingat Afghanistan sebagai negeri tempat lahirnya ’’reinkarnasi’’ maestro kungfu, Bruce Lee.

Ya, di Afghanistan ada Abbas Alizada. Anak muda 20 tahun itu persis plek dengan mendiang Bruce Lee. Ya wajahnya, ya bodinya, ya gayanya. Termasuk saat melakukan tendangan memutar plus memainkan ruyung, dua bilah kayu yang dihubungkan dengan rantai.

Abbas lahir dari keluarga miskin dengan 10 anak. Sejak kecil, dia memang suka bela diri. Sayangnya, orang tuanya terlalu papa untuk mendaftarkannya ke akademi bela diri. Beruntung, ada dermawan yang membantu Abbas berlatih di Darulaman Palace, Kabul. Di tempat itu, Abbas berlatih kungfu dan tinju, melakukan push-up dengan ujung jari, plus selalu memotong rambut dengan gaya Bruce Lee.

Nama Abbas langsung mendunia begitu akun Facebook-nya dilihat banyak orang. Ketenarannya langsung melambung. Jurnalis berdatangan ke Kabul, kota yang dikoyak perang itu, untuk menyaksikan si ’’Bruce Lee’’ imitasi tersebut.

’’Sayalah Bruce Lee Afghanistan. Ke depan, saya ingin jadi simbol Bruce Lee di dunia. Bukan hanya di Afghanistan,’’ harapnya. Ambisi Abbas saat ini adalah terbang ke Hollywood dan menjadi bintang. Dengan begitu, kata dia, orang tidak hanya mengenal Afghanistan lewat kisah-kisah kelam peperangan belaka. (Reuters/c17/dos)


APA yang terlintas di benak Anda soal Afghanistan? Alamnya nan elok dan dilintasi jalur sutra masa lalu? Atau, perang tak berkesudahan yang mengubah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News