Hujan Deras Hentikan Evakuasi Longsor di Banjarnegara

Hujan Deras Hentikan Evakuasi Longsor di Banjarnegara
Hujan Deras Hentikan Evakuasi Longsor di Banjarnegara. Foto JPNN.com

jpnn.com - BANJARNEGARA – Evakuasi korban bencana tanah longsor di Dusun Jemblong, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terpaksa dihentikan sementara, Sabtu (13/12) kira-kira pukul 15.00. Penyebabnya adalah hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sehingga menyulitkan evakuasi.

Hal itu disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho kepada Jawa Pos Radar Banyumas kemarin sore. ”Saat ini (kemarin sore, Red) hujan cukup deras di lokasi bencana longsor di Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara. Sehingga diputuskan pencarian dan penyelamatan korban dihentikan sementara,” jelasnya.

Sutopo menambahkan, sebelum penghentian resmi sementara, tim evakuasi berhasil menemukan 17 korban tewas, 11 luka berat, dan 4 luka ringan. ”Sementara 91 orang yang dinyatakan hilang masih dalam pencarian,” katanya.

Seluruh korban yang menderita luka berat telah dirujuk ke RSUD Banjarnegara, sedangkan empat orang dengan luka ringan mendapat perawatan di puskesmas terdekat. Kemudian, jumlah pengungsi tercatat 200 jiwa di Kecamatan Karangkobar. Mereka ditempatkan di balai desa. Sedangkan di Kecamatan Wanayasa ada 223 jiwa pengungsi.

”Tim SAR gabungan tetap berprinsip safety first dan menyesuaikan dengan kondisi medan dalam melakukan evakuasi,” katanya.

Sementara itu, Kementerian Sosial (Kemensos) juga telah menurunkan seratus personel taruna siaga bencana (tagana) ke lokasi bencana. Para personel ditugaskan untuk turut serta melakukan evakuasi serta membagikan sejumlah bantuan yang dibawa. Bantuan tersebut berupa 500 paket makanan anak, 327 paket family kit, 250 paket perlengkapan dapur keluarga, serta 300 potong selimut, dengan nilai keekonomian Rp 235,5 juta.

”Kami telah bergerak cepat dengan mengirimkan sejumlah paket bantuan. Saat ini truk-truk bantuan tersebut sedang dalam perjalanan menuju ke sana,” ujar Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Jakarta kemarin.

Sutopo menjelaskan, kondisi tanah masih labil serta debit sungai yang mengalir kencang membawa lumpur. ”Hujan dapat memicu longsor susulan,” tambahnya.

BANJARNEGARA – Evakuasi korban bencana tanah longsor di Dusun Jemblong, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News