Iwan Fals Dapat Tawaran jadi Duta Desa

Iwan Fals Dapat Tawaran jadi Duta Desa
Iwan Fals menerima kunjungan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, di kediamannya, di Depok, Jawa Barat, Selasa (16/12). Foto: istimewa

jpnn.com - DEPOK -  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, meminta musisi senior Iwan Fals bersedia menjadi Duta Desa. Alasannya, lagu-lagu yang dilahirkan Iwan selama ini sangat peduli dengan kondisi rakyat kecil. 

Sehingga pelibatannya dalam sosialisasi pembangunan desa, diyakini mampu menjadikan langkah-langkah kementerian semakin efektif dan maksimal, terutama dalam mendorong Gerakan Desa Mandiri.
 
"Saya meminta Bang Iwan menjadi Duta Desa. Nanti kami akan berkeliling desa untuk membangun potensi desa yang ada di Indonesia. Lagu-lagunya Bang Iwan selama ini terbukti sangat peduli terhadap keberadaan desa-desa di tanah air ini," ujar Marwan, saat mengunjungi Iwan Fals di kediamannya, Depok, Jawa Barat, Selasa (16/12).
 
Menurut Marwan, keinginannya menjadikan Iwan Duta Desa, sebagai salah satu upaya memberdayakan seluruh elemen masyarakat dalam membangun desa-desa di tanah air, termasuk seniman. Karena itu, pelibatan pelantun tembang ‘Bento’ dan ‘Bongkar’ ini menjadi bukti bahwa masyarakat memiliki porsi yang cukup besar dalam keikutsertaan pembangunan desa itu sendiri.
 
“Pembangunan harus bersumber dari partisipasi masyarakat, pelibatan masyarakat penuh adalah model yang kita jalankan ke depannya,” kata Marwan.

Di tempat yang sama, Iwan mengapresiasi permintaan Marwan. Ia mengaku bangga diberi kesempatan bersama-sama pemerintah membangun desa. “Suatu kebanggaan, tapi saya belum bisa menjawab (apakah menerima atau tidak). Karena harus dibahas lebih lanjut dengan manajemen,” katanya.
 
Secara pribadi, Iwan mengaku sering kali pergi ke sebuah desa di sekitar Jonggol, Bogor Jawa Barat untuk merenung. Di tempat itulah Iwan mengaku mendapatkan ketenangan.

"Desa memang tempat yang paling asik untuk merenung mencari siapa aku. Kerinduan terhadap desa yang membuat saya membuat lagu. Saya sebenarnya ingin menjadi orang desa karena banyak inspirasi di desa," ujar Iwan.

Menurutnya, desa merupakan tempat lahir sejumlah tokoh-tokoh besar di republik ini. Meskipun, tidak sedikit pula aktor-aktor berprilaku miring yang lahir dari desa.

“Di desa itu akan dilahirkan Soekarno-Soekarno maupun Hitler-Hitler, tapi harapan saya orang-orang baiklah yang akan dilahirkan oleh desa,” ujarnya. (gir/jpnn)


DEPOK -  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar, meminta musisi senior Iwan Fals bersedia menjadi Duta Desa.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News