Wapres Minta Hewan tak Disiksa

Wapres Minta Hewan tak Disiksa
Wapres Minta Hewan tak Disiksa

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta dokter hewan memperhatikan kualitas hewan di Indonesia. Baik itu jenis hewan untuk pangan, hobi maupun hewan peliharaan. Hal ini disampaikan wapres saat bertemu Himpunan Dokter Hewan Indonesia di kantornya, Selasa, (16/12).

Menurut mantan Presiden Himpunan Dokter Hewan Wiwiek Bagja, wapres menginginkan swasembada daging di Indonesia. Karena itulah JK menginginkan ada yang benar-benar memperhatikan kualitas hewan.

"Fungsi-fungsi dokter hewan adalah menjamin sehat tidaknya hewan hidup yang diperjualbelikan, termasuk yang di suplai ke pasar. Harus dijamin juga dari segi security, apakah ‎produk hewan itu tak jadi sumber penularan penyakit," ujar Wiwiek usai bertemu wapres.

Dalam hal ini, kata Wiwiek, wapres meminta kesejahteraan hewan diperhatikan dengan baik. Hewan, sambungnya, boleh diperdagangkan tetapi tidak boleh disiksa.

"Hewan boleh kita perdagangkan, tapi ‎jangan disiksa. Karena dalam penyembelihan hewan tak hanya halal, tapi juga perlu diperlakukan dengan insan. Tanggungjawab dokter hewan untuk‎ memastikan itu," sambungnya.

Menurut Wiwiek dengan dibukanya perdagangan nasional dan internasional, wapres meminta setiap produk hewani maupun hewan hidup dari Indonesia haruslah yang berkualitas.

"Hadapi masyarakat ekonomi ASEAN kita hadapi persaingan kerja. SDM berkompeten disetarakan. Harus ada kesiapan, kalau tidak bisa kemasukan dokter asing semua nanti," tandasnya. (flo/jpnn)


JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta dokter hewan memperhatikan kualitas hewan di Indonesia. Baik itu jenis hewan untuk pangan, hobi maupun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News