Manfaat Sayuran Hijau bagi Kesehatan

Manfaat Sayuran Hijau bagi Kesehatan
Manfaat Sayuran Hijau bagi Kesehatan

jpnn.com - ADA banyak orang yang tidak menyukai sayuran, khususnya anak kecil. Padahal, sayuran hijau sangat baik dikonsumsi karena banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Semakin hijau warna sayuran, semakin tinggi pula kandungan nutrisinya.

Salah satu manfaat sayuran hijau menurut para peneliti di Universitas Cambridge dan Southampton adalah bahwa bayam, brokoli, kubis, kale, dan selada mengandung nitrat kimia yang bermanfaat yang dapat menjangkau seluruh bagian tubuh.

Dalam tiga studi independen mereka menemukan sayuran berdaun hijau dapat mengencerkan darah, memastikan oksigen disampaikan secara efisien keseluruh tubuh dan memotong risiko pembekuan darah, stroke dan serangan jantung.

Nitrat, yang juga ditemukan dalam bit, juga memicu reaksi berantai yang melebar dan membuka pembuluh darah dan mengubah sel-sel lemak putih buruk menjadi sel coklat yang baik dimana sel-sel ini dapat membakar lemak, yang dapat memerangi diabetes tipe 2 dan obesitas.

Temuan menunjukkan orang mungkin dapat mengubah ketebalan darah mereka melalui perubahan sederhana dalam diet mereka, yang mungkin penting bagi pasien dengan penyakit kardiovaskular serta mereka dapat meningkatkan kualitas hidup mereka hanya dengan mengkonsumsi ebih banyak sayuran yang kaya nitrat kedalam diet mereka.

"Hal terbaik tentang nitrat adalah bahwa nitrat tidak mahal dan mudah didapat," kata peneliti Dr. Tom Ashmore, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (17/12).

"Temuan ini menunjukkan bahwa perubahan pola makan sederhana dapat menawarkan pengobatan untuk orang yang menderita penyakit jantung," kata Profesor Martin Feelisch, dari Southampton University of Southampton.

Penelitian kedua yang diterbitkan di The Journal of Physiology menunjukkan bahwa mengkonsumsi nitrat dengan makan beberapa sayuran hijau atau bit, bisa melindungi protein penting dalam sel jantung dan meningkatkan senyawa yang menyebabkan pembuluh darah melebar yang memungkinkan jantung untuk memompa lebih efisien.

ADA banyak orang yang tidak menyukai sayuran, khususnya anak kecil. Padahal, sayuran hijau sangat baik dikonsumsi karena banyak memiliki manfaat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News