KJRI Kinabalu Gelar Layanan Catatan Nikah untuk WNI Nasrani

KJRI Kinabalu Gelar Layanan Catatan Nikah untuk WNI Nasrani
Darius dan Martina usai melakukan pencatatan pernikahan di KJRI Kinabalu, Sabah, Malaysia. Foto: Istimewa

jpnn.com - KINABALU - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kinabalu, Sabah, Malaysia menggelar kegiatan pencatatan perkawinan bagi WNI beragama Katolik dan Kristen di wilayah tersebut. Kegiatan yang berlangsung sampai tanggal 20 Desember ini merupakan pertama kalinya bagi WNI beragama Nasrani di luar negeri.

Konsul Kinabalu Akhmad Irfan menyampaikan, kegiatan ini dilakukan karena melihat ada ribuan WNI di Kinabalu yang pernikahannya belum tercatat.

"Kantor konsul jenderal sebelumnya telah menerima permohonan sebanyak 313 pasangan dan diantaranya sudah diverifikasi lengkap 100 pasangan," kata Irfan melalui keterangan pers yang diterima JPNN.com, Kamis (18/12).

Di hari pertama pelayanan dibuka, jumlah pemohon langsung membeantrian pemohon mengular sampai ke luar kantor KJRI Kinabalu. Namun, pihak KJRI membatasi hanya lakukan pelayanan untuk 100 pasangan setiap hari.

Lebih lanjut Irfan mengatakan, pihak Kemendagri dan Kemenag turut membantu sukseskan kegiatan ini. Kemendagri mengirimkan tim untuk lakukan pencatatan. Sementara kemenag mengirim dua orang rohaniwan.

Kegiatan serupa sebelumnya sudah pernah digelar oleh KJRI Kinabalu pada tahun 2011-2012 silam. Namun pelayanan tersebut khusus diperuntukan bagi WNI beragama Islam saja. (dil/jpnn)


KINABALU - Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Kinabalu, Sabah, Malaysia menggelar kegiatan pencatatan perkawinan bagi WNI beragama Katolik


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News