Revitalisasi Teluk Benoa Pintu Masuk Kelola Laut Secara Modern

Revitalisasi Teluk Benoa Pintu Masuk Kelola Laut Secara Modern
Revitalisasi Teluk Benoa Pintu Masuk Kelola Laut Secara Modern

jpnn.com - JAKARTA - Pakar hukum kelautan internasional UNCLOS (United Nations Convention on the Law of the Sea) Prof. Hasyim Djalal mengatakan laut yang selama ini hanya dimanfaatkan ikannya untuk konsumsi dan ombaknya untuk olah raga bila dikelola dengan maksimal memiliki potensi besar menjadi penggerak perekonomian nasional. Seperti di Jepang dan Korea, laut bahkan dijadikan bandara internasional.

“Sekarang pemanfaatan potensi kemaritiman memang belum maksimal. Saat ini baru potensi ikannya saja yang dimanfaatkan, padahal di laut itu juga ada sumber daya mineral, atau ruang laut untuk keperluan pariwisata,” katanya saat dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis (18/12).

Terkait pemanfaatan ruang laut demi keperluan pariwisata, ayah dari mantan duta besar Amerika Serikat Dino Patti Djalal ini mengatakan, pemerintah harus berusaha mencari area-area baru untuk dikembangkan. Meskipun upaya ini tidak mudah.

“Tentu tidak mudah untuk mengembangkan dan memaksimalkan ruang laut yang ada. Laut-laut yang kita miliki itu cantik-cantik, dan banyak. Nah, bagaimana caranya agar menarik wisatawan datang,” ujar mantan penasehat senior di Kementerian Kelautan dan Perikanan ini.

Mengenai rencana pengembangan daerah wisata di Teluk Benoa, Bali, Hasyim menilai rencana itu harus dikaji dari berbagai sisi, terutama melihat untung ruginya.

“Kalau menurut saya rencana revitalisasi Teluk Benoa itu banyak untungnya dari pada ruginya. Tapi harus dibuat sedemikian rupa agar lingkungan tidak rusak,” kata mantan penasehat kepala staf TNI Angkatan Laut ini.

Jika dipersiapkan dengan matang, Hasyim menilai rencana revitaliasi Teluk Benoa bisa sebagai pintu masuk pengelolaan potensi ruang laut secara efesien dan efektif, yang hasilnya bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Di sisi lain mendatangkan devisa bagi negara.

“Revitalisasi Teluk Benoa merupakan pintu masuk mengelola laut secara lebih modern dan menjanjikan banyak hal bagi kemajuan bangsa,” tandas mantan anggota Dewan Maritim Indonesia ini.(Fat/jpnn)


JAKARTA - Pakar hukum kelautan internasional UNCLOS (United Nations Convention on the Law of the Sea) Prof. Hasyim Djalal mengatakan laut yang selama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News