Gamalama Siaga, Ternate Tertutup Abu

Gamalama Siaga, Ternate Tertutup Abu
Gamalama Siaga, Ternate Tertutup Abu

jpnn.com - TERNATE - Erupsi Gunung Gamalama mulai berdampak ke seluruh wilayah Kota Ternate. Hari ini, hampir semua sekolah di kota tersebut memulangkan siswanya lebih awal akibat abu vulkanik dari Gamalama.

Status Gunung Gamalama juga sudah dinaikkan menjadi siaga, Jumat 19 Desember 2014. Hal itu seiring meningkatnya aktivitas Gunung Gamalama satu pekan terakhir. "Kami disuruh pulang lebih awal oleh guru karena tidak bisa belajar akibat banyaknya abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama," kata salah seorang siswa SMA Negeri 1 Ternate, Muhammad Nasrun, seperti dilansir dari Antara, Jumat (19/12) pagi.

Sebelum disuruh pulang, pihak sekolah membagikan masker kepada setiap siswa agar mereka tidak menghirup abu vulkanik dalam perjalan dari sekolah ke rumah masing-masing, karena abu vulkanik masih terus dimuntahkan Gunung Gamalama.

Menurut Muhammad Nasrun, jika Sabtu besok Gunung Gamalama masih terus menyemburkan abu vulkanik dan menyebar ke Kota Ternate, mereka diizinkan oleh sekolah untuk tidak masuk sekolah dan itu berlaku pada hari-hari berikutnya.

Sementara itu di sejumlah kantor pemerintah di Kota Ternate seperti Sekretariat Kantor Wali Kota Ternate, banyak pegawai yang juga terlihat pulang lebih awal karena di kantor mereka terganggu dengan abu vulkanik yang menutupi halaman dan ruangan kantor.

Sedangkan di sejumlah pusat perdagangan di Kota Ternate kendati para pedagang tetap membuka usahanya, pembeli terlihat agak sepi karena warga Ternate lebih memilih mengurung diri di rumah untuk menghindari abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama.

Sebelumnya Wali Kota Ternate Burhan Abdurrahman mengatakan pihaknya telah menyiapkan 45.000 masker untuk dibagikan kepada warga di kota ini dengan cara disebar di berbagai lokasi seperti sekolah, rumah sakit, pusat perdagangan dan jalan-jalan.

Wali Kota juga telah menginstruksikan kepada seluruh rumah sakit dan puskesmas di Kota Ternate untuk siaga mengantisipasi kemungkinan adanya warga yang harus mendapat perawatan akibat abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama seperti penyakit sesak napas dan gatal-gatal. (ant/adk/jpnn)


TERNATE - Erupsi Gunung Gamalama mulai berdampak ke seluruh wilayah Kota Ternate. Hari ini, hampir semua sekolah di kota tersebut memulangkan siswanya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News