JK Sarankan KPK tak Langsung Buka Cabang Sebelum Uji Coba

JK Sarankan KPK tak Langsung Buka Cabang Sebelum Uji Coba
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - KPK berwacana akan membuka cabang di daerah. Menanggapi itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa itu adalah hak KPK. Hanya saja, ia menyarankan agar ada uji coba terlebih dahulu.

"Itu urusan internal KPK lah. Kita menunggu studinya, apa cukup orang. Komisionernya kan di Jakarta, apa bisa mengawasi di daerah itu. Komisioner 4 dari 5 yang ada. Biar diuji coba dulu 1-2 orang, jangan langsung," ujar JK di kantornya, Jakarta, Jumat, (19/12).

Menurut JK, saat ini saja KPK kekurangan orang sehingga harus menarik dari kejaksaan dan kepolisian. Oleh karena itu, harus ada persiapan yang matang untuk membentukya di daerah. Jika tidak, ia khawatir akan berdampak munculnya mafia hukum. Apalagi, ujarnya, KPK memiliki kewenangan yang besar dalam menangani perkara.

"Kalau enggak disiapkan orang, enggak disiapkan sektor perangkatnya, bisa benar itu jadi mafia hukum. Dengan kewenangan yang begitu besar. Kita harus hati-hati. Kewenangan yang begitu besar bisa menimbulkan macam-macam," sambung JK.

Meski demikian, JK menyatakan kejaksaan dan kepolisian juga harus tetap memaksimalkan tugasnya, jika KPK benar akan membuka cabang di daerah.(flo/jpnn)


JAKARTA - KPK berwacana akan membuka cabang di daerah. Menanggapi itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa itu adalah hak KPK. Hanya saja,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News