Infrastruktur Transportasi Membaik, Wisatawan ke Wakatobi Meningkat

Infrastruktur Transportasi Membaik, Wisatawan ke Wakatobi Meningkat
Bupati Wakatobi Hugua (kiri) bersama dengan Mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan (kana). Foto JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara menyambut baik peresmian Bandar Udara Matahora oleh Pemerintah Pusat. Bandara tersebut diyakini dapat mempermudah transportasi dan otomatis meningkatkan sektor perekonomian masyarakat.

"Dampaknya dapat dilihat dari kunjungan wisatawan yang meningkat dari 1.500 orang pada tahun 2006 menjadi 15.000 orang di 2013 per tahun," beber Bupati Wakatobi, Hugua kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (20/12).

Dia menjelaskan, keberadaan Bandara Matahora yang sudah beroperasi sejak 2008 membuat roda perekonomian Wakatobi berjalan cepat. Investasi yang mengalir deras berimbas kepada terbuka luasnya lapangan pekerjaan bagi warga Wakatobi.

"Dinamika ekonomi tumbuh luar biasa, rata-rata 11 persen per tahun yang kebanyakan dari bidang jasa," ujarnya.

Bupati yang kini menjabat periode kedua itu pun menargetkan kunjungan wisatawan meningkat sampai 17.000 orang pada 2015 mendatang. Sehingga pendapatan daerah dari sektor pariwisata pun bisa ikut terdongkrak.

"Keberadaan bandara ini diharapkan juga dapat membantu pemerintah dalam merealisasikan visi maritim," jelas politikus PDI Perjuangan itu.

Ketua PDI Perjuangan Sultra  itu juga berharap bahwa Bandara Matahora dapat membantu pemerintah dalam merealisasikan visi marikebutuhan barang dan jasa.

Mengulang sedikit ke belakang, keberadaan Bandara Matahora tak lepas dari upaya Pemkab Wakatobi yang dipimpin Hugua untuk membangunnya. Pemkab Wakatobi menggunakan anggaran bersama Pemprov Sultra untuk membangun Bandara Matahora dengan beberapa kali perluasan hingga sekarang mencapai 2.000 meter persegi.

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara menyambut baik peresmian Bandar Udara Matahora oleh Pemerintah Pusat. Bandara tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News