Arifin Panigoro Lepas Tangan

Terkait Tunggakan Gaji Pemain Persebaya 1927

Arifin Panigoro Lepas Tangan
Arifin Panigoro. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Para penggawa Persebaya Surabaya 1927 yang gajinya belum dilunasi oleh manajemen, harus siap-siap gigit jari. Pasalnya, Arifin Panigoro selaku ketua konsorsium Indonesian Premier League (IPL) baru saja menyatakan bahwa setiap tunggakan yang ada di tim dengan julukan Green Force itu tidak lagi menjadi  bagian dari tanggung jawabnya.

"Saya ini kan hanya pihak penyumbang, bukan pemilik. Dan, toh selama ini saya juga tidak dapat apa-apa dari sana," ujar Arifin Panigoro kepada Jawa Pos (induk JPNN.com) setelah meresmikan Meleber Sport Olympic Center miliknya di Cianjur, Jawa Barat, siang kemarin (20/12).

"Jangan di bolak balik dong, mana yang hanya membantu, dan mana yang harus bertanggung jawab penuh atas nasib klub," timpalnya.

Salah satu pengusaha sukses tanah air itu lantas menambahkan bahwa, awalnya dia ingin memperbaiki sistem sepak bola tanah air pada 2010 lalu. Saat itu, PSSI di bawah kuasa Nurdin Halid memang sedang semerawut dan miskin prestasi. Saat akan memulai perubahan tersebut, Arifin lantas menggandeng Persebaya dan mengembuskan nafas revolusi sepak bola Indonesia dari Kota Pahlawan.

Namun, semangat perubahan yang diusung oleh Arifin itu kandas di tengah jalan. Imbasnya, kompetisi IPL yang digagas oleh Arifin pun terhenti di tengah jalan. Dan, mayoritas klub-klub anggota IPL pun memilih bubar dengan menunggak gaji pemain dan pelatih dalam kurun waktu berbulan bulan. Salah satunya adalah Green Force yang menunggak gaji pemain mereka sebanyak delapan bulan.

Belakangan, Arifin mengungkapkan bahwa semua pihak yang dulu melakukan perjuangan secara bersama-sama tersebut sedianya tidak membebankan masalah ke satu pihak semata.

"Intinya kan kami sama-sama berjuang, kalau kemudian hari ada masalah, itu harus ditanggung secara bersama sama juga kan," ujar pengusaha asal Jawa Barat berusia 69 tahun itu.

Pernyataan Arifin tersebut langsung menuai reaksi dari pelatih dan pemain Persebaya. Mantan pelatih Persebaya, Fabio Oliveira mengatakan bahwa, Arifin tidak boleh lari dari tanggung jawab.

JAKARTA - Para penggawa Persebaya Surabaya 1927 yang gajinya belum dilunasi oleh manajemen, harus siap-siap gigit jari. Pasalnya, Arifin Panigoro

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News