TNI Tenggelamkan 2 Kapal Ikan Berbendera PNG di Ambon

TNI Tenggelamkan 2 Kapal Ikan Berbendera PNG di Ambon
Dua kapal berbendera PNG, KIA Century 4 dan KIA Century 7 ditenggelamkan di perairan Ambon, Maluku, Minggu (21/12). Foto: setkab

jpnn.com - AMBON - Pemerintah kembali berupaya menunjukkan keseriusannya dalam mengamankan perairan Indonesia. Usai menenggelamkan 3 kapal asing berbendera Vietnam di Pulau Anambas, Kepulauan Riau (Kepri) beberapa waktu lalu, kini dua kapal asing lainnya dibuat tak berdaya, Minggu (21/12).

Dua kapal yang dimaksud dalam KIA Century 4 dan KIA Century 7. Dua-duanya berbendera Papua New Guinea yang terbukti mencuri ikan di perairan Arafura. Penenggelaman dilakukan oleh awak Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon, di perairan Teluk Ambon, sekitar pukul 10.30 WIT, Minggu (21/12).

"(Penenggelaman kapal) dibakar dengan diledakkan, sama saja seperti yang sebelum-sebelumnya,” kata Kadispen Lantamal IX Ambon Mayor Laut Eko Budimansyah, di Ambon, seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet, siang ini.

Meski kedua kapal yang ditenggelamkan itu berbendera PNG, namun kapal yang masing-masing mencuri 200 ton dan 43 ton ikan campur itu memiliki awal kapal berkewarganegaraan Thailand dan Kamboja. 

KIA Century 4 dinakhodai Thanapom Pamnisti dengan membawa 55 orang Anak Buah Kapal (ABK), masing-masing 28 orang berkebangsaan Thailand, dan 17 orang berkebangsaan Kamboja. Sementara KIA Century 7 dinakhodari oleh Thong Ma Lapho, dengan membawa 17 ABK berkewarganegaraan Thailand.

Penenggelaman dua kapal pencuri ikan ini disaksikan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Agus Sutoto, Pangarmatim Laksamana Muda TNI Arie H. Sembiring, Wakapuspen TNI Laksma FX Agus Susilo, Kadispenal Laksma Mahanan Simorangkir, dan juga Danlantamal IX Laksma TNI Aru Sukmono. (adk/jpnn)


AMBON - Pemerintah kembali berupaya menunjukkan keseriusannya dalam mengamankan perairan Indonesia. Usai menenggelamkan 3 kapal asing berbendera


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News