Anggota ISIS Ditangkap di Soetta, Jual Rumah Berangkat Suriah

Anggota ISIS Ditangkap di Soetta, Jual Rumah Berangkat Suriah
Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Rikwanto. Foto JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA -  Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Rikwanto mengatakan enam orang terduga anggota ISIS yang ditangkap di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, Banten bisa saja menjadi korban bujukan orang tertentu. Hingga akhirnya bersedia pergi ke Suriah dengan menggunakan dokumen palsu.

Dari hasil pemeriksaan, kata dia, alasan mereka pergi ke Suriah karena termotivasi ingin menjalankan syariat Islam secara utuh. Sebab, di Indonesia mereka merasa tidak bebas karena banyak agama lainnya.  
    
”Tujuan lain sesampainya di sana mereka pindah warga negara menjadi daulah. Di sana juga dijanjikan bekerja serabutan dengan gaji Rp 20 juta,” kata Rikwanto, Sabtu (28/12).
    
Bisa jadi, kata dia, mereka adalah yang khusuk dalam beragama namun tidak matang-matang betul. Kondisi tersebut dimanfaatkan oleh kelompok tertentu dengan menjual jihad atau mengajak jalan cepat ke surga. Satu keluarga dari enam yang diamankan bahkan sampai menjual rumahnya. Di rekening mereka terdapat sekitar 90 dolar AS. Pekerjaan mereka adalah nelayan.
    
”Saat di bandara juga, mereka biasa saja. Tanpa koper seperti orang mau perjalanan jauh. Mereka benar-benar ingin hijrah pindah ke sana,” ujarnya. (yuz/idr/awa/jpnn)


JAKARTA -  Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombespol Rikwanto mengatakan enam orang terduga anggota ISIS yang ditangkap di Bandara Soekarno Hatta,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News