Kasus IM2 Dianggap Noda 2014 Bidang Regulasi Industri ICT

Kasus IM2 Dianggap Noda 2014 Bidang Regulasi Industri ICT
Kasus IM2 Dianggap Noda 2014 Bidang Regulasi Industri ICT

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Sammy Pangerapan menyampaikan sejumlah catatan hasil evaluasi 2014.

Dikatakan, pelaku industri Information and Communication Technology (ICT) mencatat, yang paling fenomenal terkait gegap gempita Pemilu dan Pilpres 2014 dari April hingga Oktober dimana aksi kampanye sangat marak juga dilakukan di dunia maya khususnya melalui jaringan media sosial.

"Sayangnya di tengah semakin maraknya masyarakat mengenal transaksi melalui online atau e-commerce, penghujung tahun 2014 sedikit ternoda di bidang regulasi," ujar Sammy saat dihubungi wartawan (5/1).

Karenanya, dia berharap di 2015 ini pemerintah memperbaiki regulasi di bidang industri ICT ini.

“Bukti masih amburadulnya regulasi di industri ICT adalah kasus IM2 dimana mantan Dirutnya ditahan gara-gara aparat penegak hukum salah menafsirkan sebuah regulasi,” ujarnya.


Meski demikian, ada yang tak boleh dilupakan bahwa di penghujung tahun 2014 sejumlah operator berlomba meluncurkan akses 4G LTE kepada pelanggannya. Tercatat, ada Indosat, Telkomsel, dan XL yang sudah memulai layanan komersial 4G LTE. Layanan ini semakin disempurnakan di awal tahun 2015.

Berkaca dari berbagai peristiwa yang mewarnai sepanjang tahun 2014, Sammy berharap agar pemerintahan Presiden Joko Widodo memberikan perhatian lebih kepada industri ICT. Aturan penyelenggaraan jasa internet dan operator telekomunikasi lebih dipertegas sehingga tidak ada lagi yang salah menafsirkan.

Regulasi di industri ICT ini menjadi PR bagi pemerintah yang harus segera diselesaikan. Misalnya, aturan antara penyelenggara jasa jaringan dan operator jaringan, aturan terkait layanan komersial jaringan 4G LTE, aturan terkait merger antar operator yang hingga sekarang belum jelas, dan aturan lainnya.

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Sammy Pangerapan menyampaikan sejumlah catatan hasil evaluasi 2014. Dikatakan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News