Boy Rafli Beber Penyebab Banten Rawan Kejahatan Internasional

Boy Rafli Beber Penyebab Banten Rawan Kejahatan Internasional
Kapolda Banten Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - SERANG - Kapolda Banten Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar menilai Provinsi Banten rentan terhadap kejahatan internasional. Kondisi geografis Banten yang memiliki garis pantai yang panjang dan berada di jalur transit Jawa-Sumatera menjadikan potensi terhadap kejahatan transnasional bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

"Polri menyebutnya trans national crime, itu adalah tantangan eksternal yang ada dari perkembangan global. Mau tidak mau harus kita antisipasi,"  kata Boy Rafli usai mengikuti serah terima jabatan di Mapolda Banten, Sabtu (10/1).

Apalagi wilayah Provinsi Banten, lanjut dia, terletak di ujung barat Pulau Jawa yang memiliki wilayah perairan yang sangat panjang.

"Itu sangat rentan dengan berbagai kejahatan-kejahatan yang bernuansa kejahatan internasional," tegasnya dilansir Radar Banten (Grup JPNN.com).

Khusus mengenai kejahatan terhadap eksploitasi alam terutama di perairan, Kapolda menekankan keberadaan 'pelabuhan tikus' yang beroperasi di Banten.

Mantan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri ini mengaku akan melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah.

"Nanti kita akan koordinasi dengan pemerintah daerah karena penyelenggaraan pelabuhan ini kan berkaitan dengan administrasi pemerintahan daerah. Di sana juga ada kaitan dengan jajaran Kementerian Perhubungan agar bersama melakukan pengawasan terhadap itu," paparnya.

Hal yang perlu diupayakan oleh pemerintah daerah untuk meminimalisasi terjadinya eksploitasi alam terutama di laut Banten, katanya, adalah melakukan pendataan dan pengawasan terhadap izin operasionalnya.

SERANG - Kapolda Banten Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar menilai Provinsi Banten rentan terhadap kejahatan internasional. Kondisi geografis Banten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News