Makan Siang Nasi Pecel, Ratusan Karyawan Garmen Keracunan

Makan Siang Nasi Pecel, Ratusan Karyawan Garmen Keracunan
Puluhan karyawan PT Mataram Tunggal Garment (MTG) saat mendapatkan perawatan di IGD RS Panti Nugroho, Pakem, Rabu (21/1). Foto: Setiaky/Radar Jogja/JPNN

jpnn.com - SLEMAN – Ruang tunggu dan selasar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Panti Nugroho, Pakem, Rabu (21/1) mendadak menjadi ”bangsal” masal pasien. Puluhan karyawan PT Mataram Tunggal Garment (MTG) di Donoharjo, Ngaglik, tergeletak berjajar di atas lantai tikar.

Di lengan mereka tertancap jarum infus yang digantung menggunakan tali rafia. Tiap pasien memegang kantung plastik untuk tempat muntah. Semuanya tampak pucat dan berkeringat dingin.

Tim paramedis dan dokter berlalu lalang di ruangan itu. Mereka sibuk menangani pasien yang mual dan muntah-muntah. Bahkan sebagian tak sadarkan diri, sehingga harus dibantu alat bantu pernapasan dengan oksigen.

Pihak rumah sakit menduga, para pasien ini menderita keracunan. Namun, dokter belum bisa memastikan penyebabnya. Bisa berasal dari makanan, atau hal lain.

Berdasarkan informasi dari para korban, mereka mengalami pusing dan mual setelah makan siang, sekitar pukul 12.00. Menunya nasi pecel dengan telor ceplok dan kerupuk, plus sayuran berupa kacang panjang, bayam, dan tauge, serta buah semangka.

“Setelah makan belum terasa. Setengah jam kemudian, awal-nya pusing lalu muntah-muntah,” ungkap Wiji Lestari, salah seorang karyawan dilansir Radar Jogja (Grup JPNN.com), Kamis (22/1).

Tak semua karyawan yang makan dengan menu serupa langsung mengalami mual-mual. Ada yang sekitar pukul 14.30 baru merasakan pusing. Sebagian lain mengeluh mual menjelang jam pulang kerja. Wiji mengaku sempat curiga dengan menu makan siangnya, terutama pada sayuran yang baunya agak menyengat.

“Baunya beda dengan biasanya,” katanya, yang diamini Rosilah, korban lain.

SLEMAN – Ruang tunggu dan selasar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Panti Nugroho, Pakem, Rabu (21/1) mendadak menjadi ”bangsal”

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News