Raja Arab Meninggal Dunia, Saudara Tiri Naik Tahta

Raja Arab Meninggal Dunia, Saudara Tiri Naik Tahta
DISIAPKAN SEJAK LAMA: Raja Abdullah (kiri) berbincang dengan Pangeran Salman pada 22 November 2010, sebelum sang raja berangkat ke Amerika Serikat. (AP Photo/Saudi Press Agency)

jpnn.com - RIYADH – Arab Saudi berduka. Kemarin (22/1) Raja Abdullah bin Abdul Aziz Al Saud mangkat. Pemimpin monarki kerajaan ultrakonservatif itu wafat pada usia 90 tahun. Begitu Abdullah berpulang, Pangeran Salman bin Abdul Aziz Al Saud yang selama ini berstatus putra mahkota pun langsung naik takhta.

Dalam keterangan resmi kerajaan tertulis bahwa Abdullah mengembuskan napas terakhir pada pukul 01.00 dini hari kemarin. Kini Salman yang merupakan saudara tiri almarhumlah yang berada di puncak kekuasaan. 

Secara de facto, pangeran berusia 79 tahun itu memang sudah mengambil alih sebagian besar tugas-tugas kepemimpinan Abdullah. Terutama, sejak kesehatan Abdullah memburuk pada akhir 2012.

Media resmi pemerintah melaporkan, Abdullah tutup usia setelah menjalani perawatan karena pneumonia. Dia sempat dirawat intensif selama tiga pekan di rumah sakit. 

Tokoh konservatif itu meninggalkan 4 istri, 7 anak lelaki, dan 15 anak perempuan. Sampai ajal menjemput, Abdullah masih tercatat sebagai pemimpin dunia terkaya ketiga dengan harta senilai USD 18 miliar (sekitar Rp 224,9 triliun). (AP/AFP/hep/c10/ami)


RIYADH – Arab Saudi berduka. Kemarin (22/1) Raja Abdullah bin Abdul Aziz Al Saud mangkat. Pemimpin monarki kerajaan ultrakonservatif itu wafat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News