Mahasiswa Teriak Copot Menkopolhukam Tedjo

Mahasiswa Teriak Copot Menkopolhukam Tedjo
Mahasiswa Teriak Copot Menkopolhukam Tedjo. Foto Radar Gresik/JPNN.com

jpnn.com - Mahasiswa Gresik, Jawa Timur menggelar aksi mengecam tindakan polri yang dinilai menghambat proses pemberantasan korupsi yang dilakukan lembaga antirasuah tersebut. Selain itu, mereka juga mendesak pencopotan Menkopolhukam, Tedjo Edi Purdiantoro.

Berbagai poster bertuliskan kritikan terhadap pemerintah, dipajang dalam aksi yang digelar sekitar pukul 13.00 di simpang empat Jalan Veteran, Kecamatan Kebomas. Salah satunya ucapan menkopolhukam yang menilai rakyat pendukung KPK tidak jelas, juga disinggung pengunjuk rasa.

Massa meminta mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) itu dicopot dari jabatannya. Selain itu, tulisan “Save KPK” juga memenuhi tulisan di puluhan spanduk dan poster pengunjuk rasa. Dalam bentangan spanduknya, mereka menuliskan penyesalannya telah memilih pasangan Jokowi-JK sebagai Presiden dan wakil Presiden.

Kedua pimpinan negara itu dinilai tidak tegas menyelesaikan konflik di dua institusi penegak hukum itu. “Kami mengecam tindakan polri yang justru kontradiktif dengan tugasnya sebagai penegak hukum. Khususnya pemberantasan korupsi,” kata Robby Firmansyah, Korlap aksi seperti yang dilansir Radar Gresik (Jawa Pos Group), Selasa (27/1).

Menurut Robby, pemberantasan korupsi tidak boleh berhenti hanya karena masalah kecil, sehingga antara KPK dan Polri saling tangkap pejabatnya. Menurutnya, akar permasalahan kacaunya penegakan hukum di negeri ini, muncul saat Komjen Pol Budi Gunawan menjadi calon tunggal Kapolri, meski ditetapkan tersangka oleh KPK.

“Rakyat melihatnya ini balas dendam. Ini pertunjukkan yang sangat merugikan bagi rakyat,” ujarnya.

Moh Faizin, pengunjuk rasa lainnya menyatakan, kedua lembaga penegak hukum tersebut harus diselamatkan dari godaan politik. Menurut dia, akar permasalahan konflik kedua lembaga
negara tersebut tidak lain karena tangan kotor politik. “Save KPK, Save Polri,” teriak Faizin dalam orasinya yang diikuti massa lainnya.

Aksi mahasiswa ini mendapatkan banyak simpati dari masyarakat di Gresik. Pengendara yang melintas di Jalan Veteran banyak yang menghentikan lajunya demi melihat aksi mahasiswa ini.

Mahasiswa Gresik, Jawa Timur menggelar aksi mengecam tindakan polri yang dinilai menghambat proses pemberantasan korupsi yang dilakukan lembaga antirasuah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News