Bakteri Apel Amerika Menyerang Janin

Bakteri Apel Amerika Menyerang Janin
Apel Granny Smith. Foto: Int

BOGOR - Peneliti Keamanan Pangan Seafast dan Dept ITP Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Ratih Dewanti Hariyadi  menjelaskan,  bakteri Listeria monocytogenes yang terdapat dalam Apel Granny Smith dan Gala sangat berbahaya jika dikonsumsi.
    
“Jika dikonsumsi orang dewasa, maka akan mengalami gejala mual, flu, pegal serta diare. Bakteri ini bagi ibu hamil lebih berbahaya karena menyerang janin. Kondisi ini bisa menyebabkan keguguran, bayi lahir dalam keadaan sudah mati, atau bayi lahir dengan radang selaput otak,” terangnya saat wawancarai kemarin.
    
Bakteri listeria monocytogenes yang terkandung dalam apel tersebut dapat menyebabkan gejala infeksi jangka pendek terhadap orang-orang sehat. Gejala itu berupa demam tinggi, sakit kepala, pegal, mual, sakit perut, dan diare.

Menurut Anggota International Commission On Microbiological Specification For Foods (ICMSF) itu, apel Granny Smith dan Gala yang masuk ke indonesia dan Bogor belum tentu terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes.
    
“Dua jenis apel yang terkontiminasi itu muasalnya dari pengepakan Bakersfield, California, Amerika Serikat. Sedangkan apel yang beredar di Bogor belum tentu dari daerah itu. Namun kami juga belum bisa memastikannya. Saya berharap masyarakat agar tak mudah panik,” tukasnya.     
Sebelumnya, Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan Widodo meminta masyarakat tidak mengkonsumsi apel tersebut. Dia juga menyeru para importir, distributor, dan pengecer untuk menarik buah itu dari peredaran. (ind/mer/all/d)


BOGOR - Peneliti Keamanan Pangan Seafast dan Dept ITP Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Ratih Dewanti Hariyadi  menjelaskan,  bakteri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News