Menteri Yuddy Sebut KASN Mirip KPK

Menteri Yuddy Sebut KASN Mirip KPK
MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Percepatan operasionalisasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menjadi salah satu target percepatan program Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Menurut MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi, keberadaan KASN untuk memperkuat penerapan sistem merit dalam pengangkatan pejabat pimpinan tinggi.

Pengangkatan anggota KASN berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 141/M Tahun 2014. Sedangkan pelantikan anggota KASN telah dilakukan pada 27 November 2014.

Untuk percepatan operasionalisasi KASN, telah diterbitkan Peraturan Presiden Nomor 118 Tahun 2014 tentang Pengaturan Sekretariat, Sistem dan Manajemen SDM, Tata Kerja, serta Tanggung Jawab dan Pengelolaan Keuangan KASN.

“Perpres ini telah ditindaklanjuti dengan Peraturan Ketua KASN Nomor 1 Tahun 2015 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Sekretariat KASN,” ujar Yuddy.  

Dia menambahkan, peran KASN dalam mengawasi pelaksanaan birokrasi terutama di daerah sangat besar. Sebab, di daerah lah yang paling sering terjadi politisasi birokrasi.

"KASN ini mirip KPK-nya pegawai. Kalau ada pejabat yang sewenang-wenang, KASN yang akan menghadangnya," tandasnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Percepatan operasionalisasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menjadi salah satu target percepatan program Kementerian Pendayagunaan Aparatur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News