Jonan Dukung Pembangunan Bandara Baru di Kulonprogo

Jonan Dukung Pembangunan Bandara Baru di Kulonprogo
Menteri Perhubungan Ignatius Jonan (dua dari kanan) saat berada di Bandara Adisucipto Jogjakarta, kemarin (5/2). Jonan memberikan lampu hijau pembangunan bandara baru di Temon, Kulonprogo. Foto: GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA/JPNN

jpnn.com - KULONPROGO – Menteri Perhubungan Ignatius Jonan memberikan lampu hijau terkait rencana pembangunan bandara baru di Temon, Kulonprogo, DIJ. Itu dibuktikan dengan kunjungan singkat ke lokasi rencana pembangunan bandara baru tersebut, kemarin (5/2).

Didampingi petinggi PT Angkasa Pura (AP) I dan Bupati Kulonprogo, Jonan menyempatkan diri berkeliling melihat lokasi patok bandara di Kebonrejo, juga menyusuri Pantai Congot dan Glagah.

”Lokasi bagus, untuk persoalan yang masih ada, saya menyarankan Angkasa Pura I menyelesakannya dengan baik-baik,” ujarnya dilansir Radar Jogja (Grup JPNN.com), Jumat (6/2).

Jonan mengatakan, pembangunan bandara baru di DIJ sangat penting. Itu karena Bandara Adisutjipto sudah  sangat padat dan melebihi kapasitas. Jonan juga menyebutkan soal pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS), termasuk keberadaan rel kereta api dan jalan utama yang terintegrasi dengan pusat kota.

”Nantinya tentu akan ada kereta api dan bus yang rutenya langsung ke pusat kota,” ungkapnya.

Terkait perizinan, Jonan memastikan memberikan dukungan. Dia berharap semua pihak bisa mendukung dalam menyelesaikan semua yang masih bermasalah, seperti pembebasan lahan dan penolakan sebagian warga.

”Saya ke sini baru lihat-lihat lokasi, soal perizinan mestinya oke,” ucapnya.

Direktur Umum PT AP I Tommy Soetomo menjelaskan, anggaran pembangunan bandara baru di Temon nilai mencapai Rp 6 triliun hingga Rp 8 triliun. Dengan perkiraan luas lahan bandara mencapai 630 hektare hingga 650 hektare.

KULONPROGO – Menteri Perhubungan Ignatius Jonan memberikan lampu hijau terkait rencana pembangunan bandara baru di Temon, Kulonprogo, DIJ.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News