Tenang...Stok Beras Cukup Hingga Akhir Tahun

Tenang...Stok Beras Cukup Hingga Akhir Tahun
Tenang...Stok Beras Cukup Hingga Akhir Tahun

jpnn.com - JAKARTA – Direktur Utama Badan Urusan Logistik (Bulog), Lenny Sugihat, mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir kehabisan beras di pasaran. Karena hingga saat ini stok beras yang ada di seluruh Indonesia, masih sangat cukup.

“Kita punya cukup, enggak usah khawatir, Saya tidak mau membuat masyarakat resah. Apalagi sebentar lagi panen raya. Kita Bulog usahakan berasnya cukup sampai akhir tahun, karena setiap ada beras yang keluar, kita beli,” katanya, Jumat (20/2).

Selain beras masih cukup, Bulog kata Lenny, juga akan melakukan serangkaian operasi pasar guna mengatasi kondisi-kondisi yang memberatkan masyarakat, apalagi mengingat harga yang terus naik.

“Kita melakukan operasi pasar atas instruksi beliau (Menteri Perdagangan,red). Karena kan harga naik terus,” katanya.

Menurut Lenny, dalam operasi pasar Bulog menetapkan harga Rp 7.400/kilogram dan untuk luar Pulau Jawa dapat hingga Rp 7.500/kilogram. Dari harga tersebut pedagang telah mengantongi untung Rp 600/kilogram. Karena itu pedagang dilarang menaikkan harga.

“Itu kan ditentukan Rp 7.400/kilogram, enggak boleh ditambahi lagi. Kios-kios itu kan sudah dikasih keuntungan. Kan dari gudang  Rp 6.800/kilogram. Dari harga tersebut dapat ditambah Rp 600 kilogramnya, kalau di luar Pulau Jawa ditambah lagi sebesar Rp 100/kilogram. Jadi kita harapkan dengan operasi pasar Rp 7.400/kilogram, masyarakat sekarang tenang dan punya beras di rumah, karena langsung ke titik pemukiman,” katanya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Rahmat Gobel, mengingatkan pedagang tidak mengoplos beras Bulog dengan beras-beras medium yang harganya saat ini lebih dari Rp 10 ribu/kilogramnya.

“Itu beras (operasi pasar,red) untuk masyarakat. Enggak boleh dioplos. Mengoplos itu enggak sah. Selama ini mereka merasa biasa saja, karena enggak pernah di-handle. Selama ini mereka (pedagang,red) terlampau biasa. Untuk di DKI Jakarta, saja kita sudah gelontorkan 75 ribu ton beras, masa beras enggak bisa murah juga,” katanya.

JAKARTA – Direktur Utama Badan Urusan Logistik (Bulog), Lenny Sugihat, mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir kehabisan beras di pasaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News