Pengeliling Dunia Naik Sepeda Tewas Ditabrak di Thaliand

Pengeliling Dunia Naik Sepeda Tewas Ditabrak di Thaliand
Pengeliling Dunia Naik Sepeda Tewas Ditabrak di Thaliand. Foto Inagist

jpnn.com - THAILAND - Juan Fransico Guillermo, warga negara Chile yang tengah melakukan perjalanan keliling dunia menggunakan sepeda tewas akibat kecelakaan di Thailand, Sabtu (21/2).

Dikutip dari The Guardian, Minggu (22/2), aparat kepolisian Thailand melaporkan bahwa Guillermo ditabrak sebuah mobil pick-up ketika tengah bersepeda di wilayah Provinsi Nakhon Ratchasima. Pria berusia 47 tahun itu tewas seketika.

Guillermo keliling dunia dengan sepeda sebagai upaya untuk memecahkan rekor dunia. Ia berencana menempuh jarak 250 ribu kilometer, melewati lima benua dalam waktu lima tahun saja. Perjalanannya dimulai pada tahun 2010 dan seharusnya berakhir bulan November tahun ini.

Istri Guillermo dan putra mereka, yang masih berusia dua tahun, ikut dalam perjalanan itu menggunakan sepeda yang berbeda. Namun, menurut pihak kepolisian, keduanya hanya mengalami luka ringan.

Kepolisian negeri gajah putih itu juga memastikan bahwa pengendara pick-up yang menabrak Guillermo telah ditangkap. Dia akan dituntut karena kelalaian berkendara yang menyebabkan kematian. Hukuman maksimal bagi pelanggaran tersebut adalah 10 tahun penjara.

"Ini adalah kecelakaan yang disebabkan kelalaian pengendara. Jalan itu (tempat terjadi kecelakaan) jalur lurus dan pesepeda berada di jalurnya (jalur khusus sepeda)," ujar Kolonel Polisi, Torsak Thammingmongkol.

Peristiwa tragis ini menjadi pukulan bagi pemerintah Thailand yang tengah gencar mempromosikan sepeda sebagai sarana transportasi alternatif.

Pada bulan Februari tahun 2013 lalu, pasangan pesepeda asal Inggris juga tewas karena kecelakaan di bagian timur Thailand. Mereka pun tengah mencoba untuk memecahkan rekor keliling dunia dengan sepeda. (dil/jpnn)


THAILAND - Juan Fransico Guillermo, warga negara Chile yang tengah melakukan perjalanan keliling dunia menggunakan sepeda tewas akibat kecelakaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News