Pengamat Sarankan Pemerintah Naikkan Harga Elpiji 3Kg

Pengamat Sarankan Pemerintah Naikkan Harga Elpiji 3Kg
istimewa

jpnn.com - JAKARTA – Pengamat kebijakan energi, Sofyano Zakaria meminta pemerintah mengkaji ulang kebijakan besaran subsidi elpiji 3kg. Pasalnya, hingga kini belum pernah ada koreksi sejak kali pertama diluncurkan pada 2007 silam.

"Pemerintah harusnya bersikap rasional terhadap besaran subsidi ini. Agar subsidi elpiji tidak menjadi masalah bagi pemerintah akibat harga minyak dunia yang fluktuatif,” terang Sofyano di Jakarta, Selasa (24/2).

Menurut Sofyano, menyubsidi harga elpiji 3 kg lebih besar dari yang dibayar oleh masyarakat dapat diartikan bukan sebagai subsidi. Karena logikanya, subsidi tidak lebih besar dari harga yang dibayar masyarakat.

"Misalkan harga keekonomian elpiji saat ini Rp 10.500/kg. HET elpiji adalah Rp 4.250/kg. Maka pemerintah menyubsidi Rp 6.250/kg. Ini artinya subsidi lebih besar dari harga beli masyarakat,” tambah Sofyano.

“Jadi pemerintah harus berani menaikkan harga yang secara formal sudah delapan tahun sejak konversi tidak pernah naik. Namun, faktanya di pasaran sudah jauh dari yang seharusnya," tegas Sofyano. (gir/jpnn)

JAKARTA – Pengamat kebijakan energi, Sofyano Zakaria meminta pemerintah mengkaji ulang kebijakan besaran subsidi elpiji 3kg. Pasalnya, hingga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News