Minuman Bersoda Aman untuk Ginjal

Minuman Bersoda Aman untuk Ginjal
Dari kiri ke kanan : Suroso Natakusuma_Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASRIM, Dr. Elvina Karyadi, MSc, PhD, SpGK_Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr. Ginova Nainggolan_SpPD-KGH, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Ginjal & Hipertensi. Foto: image dynamics for JPNN

jpnn.com - JAKARTA- Minuman bersoda selama ini kerap dianggap sebagai salah satu penyebab kerusakan ginjal. Padahal, ginjal manusia tetap aman meski menenggak minuman bersoda.

Syaratnya, manusia harus menerapkan pola hidup seimbang. Dibanding minuman bersoda, konsumsi obat-obatan justru memiliki peluang lebih besar untuk merusak ginjal manusia.

“Selama diikuti dengan  gaya hidup yang seimbang, meminum minuman bersoda tidak serta merta merusak fungsi ginjal. Konsumsi berbagai jenis obat-obatan yang tidak mengikuti anjuran dokter, yang dilakukan  secara  berkepanjangan  justru lebih meningkatkan resiko kerusakan ginjal” ujar Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Konsultan Ginjal & Hipertensi, Ginova Nainggolan di Jakarta, Kamis (26/2).

Hasil kajian US National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Desease mengidentifikasikan, risiko penyakit ginjal kronis disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya ialah diabetes, tekanan darah tinggi dan sejarah medis keluarga yang mengidap gagal ginjal.

“Penyakit ginjal tidak hanya disebabkan oleh satu faktor tunggal seperti mengonsumsi minuman yang mengandung pemanis atau minuman bersoda, karena tidak ada hubungan langsung antara minuman bersoda dengan gangguan ginjal,” tegas Ginova. (mg2/jpnn)

JAKARTA- Minuman bersoda selama ini kerap dianggap sebagai salah satu penyebab kerusakan ginjal. Padahal, ginjal manusia tetap aman meski menenggak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News