Duh... Awalnya Miring ke Kanan, Lama-lama Kapal itu Tenggelam

Duh... Awalnya Miring ke Kanan, Lama-lama Kapal itu Tenggelam
Duh... Awalnya Miring ke Kanan, Lama-lama Kapal itu Tenggelam

jpnn.com - KM Sinar Surya mengalami musibah. Kapal bermuatan barang harian dan rumah tangga serta bangunan itu tenggelam di Pelabuhan Rakyat Mang Eyek, Jalan Tanjung Batu, Kelurahan Pesisir Kampung Tanjung Rhu, Pekanbaru, Riau, kemarin (1/3) sekitar pukul 05.00 WIB. Tidak ada korban dalam musibah tersebut. Namun, kerugian diperkirakan ratusan juta rupiah.

Berdasar pantauan Riau Pos (Jawa Pos Group) di lapangan, kapal yang terbuat dari kayu itu miring ke kanan. Air masuk ke semua badan kapal sehingga hanya tersisa rumah kapal. Diduga, kapal tersebut kandas, lalu tenggelam. Namun, ada juga yang menyebut penyebab tenggelamnya kapal adalah kelebihan muatan.

Sebenarnya, KM Sinar Surya akan berangkat membawa barang-barang dari Pekanbaru menuju Selatpanjang. Pada pukul 02.00 WIB, barang-barang itu masuk ke kapal. Kondisi tersebut pun membuat kapal penuh.

Saat dikonfirmasi, Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Pekanbaru Ridwan CH menjelaskan, kapal tersebut memang penuh muatan. Saat kapal itu memuat barang pada malamnya, air sungai pasang (naik). Nah, lanjut dia, saat air sungai mulai surut (turun), tidak ada anak buah kapal (ABK) yang mengetahui. Dengan demikian, tali tambat kapal menjadi kencang. Kapal pun menjadi miring dan masuk air. (gus/diqmas)

KM Sinar Surya mengalami musibah. Kapal bermuatan barang harian dan rumah tangga serta bangunan itu tenggelam di Pelabuhan Rakyat Mang Eyek, Jalan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News