8 Kecamatan Diguyur Abu Gunung Soputan

8 Kecamatan Diguyur Abu Gunung Soputan
Gunung Soputan meletus. Foto: antara

jpnn.com - SILIAN - Gunung Soputan yang terletak di Silian, Minahasa Tenggara, Sulut, meletus dengan eskalasi letusan yang cukup besar, Sabtu (7/3) sekira pukul 17:00.

Letusan ini pun langsung dirasakan delapan kecamatan yang mendapat hujan abu. Dari pantauan sampai kemarin, beberapa wilayah masih dihujani debu. Menurut petugas pemantau Gunung Soputan Asep Saifulo, aktivitas saat ini perlu diawasi.

"Rekaman alat kami menunjukan gerakan maksimum. Panas lebih ke arah barat dengan jarak luncur sekira 2.500 meter.  Sementara letusan asap lebih condong ke arah tenggara. Kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait utuk mensosialisasikan larangan beraktivitas dalam radius 6,5 kilometer," ujarnya saat ditemui Minggu (8/3) di Silian.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jopi Mokodaser SH mengimbau masyarakat Minahasa Tenggara untuk mengikuti anjuran dari pos pantau gunung api di Silian.

"Kemandirian dari semua warga untuk melindungi diri masing-masing sangatlah diperlukan. Saat beraktivitas gunakanlah masker atau penutup hidung agar penyakit yang menyerang pernafasan tidak mewabah," jelasnya.

"Kami akan buatkan tenda-tenda di beberapa titik. Untuk bantuannya pasti akan segera disalurkan," tutup Mokodaser. (tr-04/tra/sam/jpnn)


SILIAN - Gunung Soputan yang terletak di Silian, Minahasa Tenggara, Sulut, meletus dengan eskalasi letusan yang cukup besar, Sabtu (7/3) sekira pukul


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News