Gimana sih? Lelang Jabatan tapi Nama Peserta Dirahasiakan

Gimana sih? Lelang Jabatan tapi Nama Peserta Dirahasiakan
Pegawai Negeri Sipil (PNS). Foto: dok.JPNN

jpnn.com - PADANG - Pemprov Sumbar menggelar lelang empat jabatan eselon II. Namun, rekrutmen sistem terbuka itu aneh, karena panitia seleksi (pansel) merahasiakan nama-nama yang mendaftar.

Dampaknya, publik atau pegawai tidak bisa memberikan masukan terkait track record para peserta.

Sekretaris Pansel yang juga Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar Jayadisman mengatakan ada 15 pegawai yang ikut lelang jabatan untuk calon Sekretaris DPRD serta Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar.

Namun, dirinya enggan mengungkapkan siapa calon yang mendaftar itu. "Bukan saya tidak mau menyebutkan namanya, tapi saya takut ini akan menjadi beban psikologis bagi peserta yang tidak lulus seleksi nantinya. Terutama dalam lingkungan kerja mereka," kilahnya.

Dari 15 pendaftar itu, sebanyak sembilan orang mendaftarkan diri untuk jabatan Kepala Diskop dan UMKM. Enam orang memilih mengisi jabatan Sekwan. "Dari 15 peserta yang mendaftar itu, nantinya akan diseleksi kelengkapan administrasinya. Kita usahakan Rabu (11/3) ini hasilnya sudah ditetapkan," ujar Jayadisman.

Salah seorang pegawai di Biro Humas Setprov Sumbar mengharapkan pansel mengumumkan semua calon yang ikut seleksi sehingga dia bersama pegawai lainnya bisa ikut serta memberikan masukan.

"Mana tahu calon yang mencalonkan diri itu ternyata di SKPD-nya selama ini berperilaku tidak baik, seperti sering bolos, membuat SPJ fiktif, dan lain-lain," ujar pegawai yang tidak mau menyebutkan namanya ini.

Seharusnya, kata dia, pansel mencontoh apa yang sudah dilakukan sejumlah lembaga dalam mengisi jabatan secara transparan.

PADANG - Pemprov Sumbar menggelar lelang empat jabatan eselon II. Namun, rekrutmen sistem terbuka itu aneh, karena panitia seleksi (pansel) merahasiakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News