Jelang Pilkada Serentak, KASN Kumpulkan Seluruh Kada dan Sekda

Jelang Pilkada Serentak, KASN Kumpulkan Seluruh Kada dan Sekda
Jelang Pilkada Serentak, KASN Kumpulkan Seluruh Kada dan Sekda

jpnn.com - JAKARTA- Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak pada Desember 2015 mendatang, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) bakal mengumpulkan seluruh kepala daerah, Sekda serta Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Dalam pertemuan ini, KASN menegaskan pentingnya netralitas pegawai.

"Terkait dengan Pilkada, netralitas PNS harus diutamakan. Apalagi banyak pengaduan yang menyangkut balas jasa dan balas dendam," kata Waluyo, anggota KASN, Selasa (10/3).

Sementara itu, anggota KASN lainnya, I Made Suwandi mengatakan, posisi aparatur sipil negara (ASN) selama ini dinilai strategis dalam politik Pilkada. Sebab, jumlahnya yang cukup signifikan dan perannya yang dapat dimanfaatkan untuk menggalang dukungan pemilih. Oleh karena itu dilahirkan Perpu No 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Walikota, dan Bupati untuk mencegah penyalahgunaan peran ASN.

"Dalam Pilkada ada kecenderungan untuk membebastugaskan PNS karena ketakutan PNS tersebut tidak berpihak kepada pejabat pembina kepegawaian (PPK) terpilih. Padahal PNS tidak berpolitik," kata I Made Suwandi.

Dia menambahkan, sesuai UU ASN Pasal 2 butir g, salah satu asas PNS adalah netralitas. Hal ini penting untuk melindungi ASN dari politik. "Penting bagi ASN untuk menjaga netralitas dan profesionalisme," tegas Waluyo. (esy/jpnn)


JAKARTA- Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak pada Desember 2015 mendatang, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) bakal mengumpulkan seluruh kepala


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News