KASN Verifikasi Proses Seleksi Terbuka Pemprov Sumbar

KASN Verifikasi Proses Seleksi Terbuka Pemprov Sumbar
KASN Verifikasi Proses Seleksi Terbuka Pemprov Sumbar

jpnn.com - JAKARTA – Polemik pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang tidak transparan ikut dipantau Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Bahkan, KASN akan melakukan verifikasi terhadap proses pengisian JPT pratama tersebut. "Akan kami verifikasi proses pengisian JPT. Apakah ada yang tidak sesuai amanat UU ASN atau tidak," kata Waluyo, anggota KASN kepada JPNN, Selasa (10/3).

Dia menyebutkan, Pemprov Sumbar memang sudah melaporkan ke KASN akan melaksanakan seleksi terbuka untuk jabatan eselon II. Hanya saja, saat itu yang dilaporkan baru jenis jabatan. Sementara, rincian tim Panselnya belum diberikan.

"KASN juga belum memberikan persetujuan apa-apa karena laporan kemarin belum lengkap," jelas Waluyo.

Dia juga kaget ketika mengetahui Pemprov Sumbar sudah menggelar rekruitmen sementara keanggotaan Pansel belum disetujui KASN. Apalagi nama pelamarnya tidak diekspos.

"Kita akan telusuri ini karena namanya penerimaan terbuka, sifatnya harus transparan agar masyarakat bisa ikut memberikan penilaian akan calon pejabatnya," tuturnya.

Untuk diketahui, Pemprov Sumbar menggelar lelang empat jabatan eselon II. Namun, rekrutmen sistem terbuka itu aneh karena panitia seleksi (pansel) merahasiakan nama-nama yang mendaftar.

Dampaknya, publik atau pegawai tidak bisa memberikan masukan terkait track record para peserta. Sekretaris Pansel yang juga Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar Jayadisman mengatakan ada 15 pegawai yang ikut lelang jabatan untuk calon Sekretaris DPRD serta Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar.

JAKARTA – Polemik pengisian jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang tidak transparan ikut dipantau Komisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News