Yesus Benar-benar Punya Saudara?

Yesus Benar-benar Punya Saudara?
Ilustrasi: Yesus (kiri) dan Yakobus.

jpnn.com - MISTERI apakah Yakobus adalah bersaudara dengan Yesus memang semakin marak diperdebatkan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya yang memicu adalah ditemukannya kotak tulang berusia 2.000 tahun pada tahun 2002 lalu di Yerusalem. 

Kotak itu tertera tulisan dalam bahasa Aramaic: James, son of Joseph, brother of Jesus. Kira-kira dalam bahasa Indonesia berarti Yakobus, anak Yusuf, saudara Yesus. 

Ben Witherington, seorang ahli perjanjian baru dari Amerika Serikat dalam sebuah seminar Teologia di Kentucky mengatakan bahwa petunjuk-petunjuk Yakobus saudara Yesus harus dipahami secara harafiah. 

“Dalam perjanjian baru ditulis bahwa Maria ia masih perawan saat mengandung Yesus. Tentu saja itu menyiratkan bahwa dia melanjutkan untuk memiliki anak lagi setelah itu,” kata dia seperti dikutip mirror.co.uk.

Menurutnya, petunjuk lain bahwa Yakobus saudara Yesus adalah surat rasul Paulus yang ditujukan kepada jemaat di Galatia. “Kemudian setalah tiga tahun saya pergi ke Yerusalem untuk mengunjungi Kefas dan tinggal bersamanya selama 15 hari, saya tidak pernah melihat setiap rasul yang lain kecuali Yakobus saudara Tuhan,” tulis Paulus. 

Artefak yang disebut dengan Yakobus Osuarium ditemukan pada 2002 dan pernah dipamerkan setahun kemudian di Royal Ontario. Tapi beberapa kalangan menuduhnya itu palsu. (mas/jpnn) 


MISTERI apakah Yakobus adalah bersaudara dengan Yesus memang semakin marak diperdebatkan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya yang memicu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News