Pasangan Manula Divonis Mencuri 271 Karya Agung Pablo Picasso

Pasangan Manula Divonis Mencuri 271 Karya Agung Pablo Picasso
Pierre dan Danielle Le Guennec di Mouans-Sartoux, Prancis. Foto: Valery Hache/AFP

jpnn.com - PIERRE Le Guennec dan istrinya Danielle dihukum dua tahun penjara karena dinyatakan bersalah memiliki barang curian selama tak kurang dari 40 tahun.

Barang tersebut bukan barang sembarangan, melainkan karya seni nan bersejarah buah tangan dari Pablo Picasso.

Pierre dan Danielle disebut memilik sebanyak 271 karya Picasso, berupa sketsa dan juga gambar yang selama ini mereka simpan di dalam kardus di garasi mereka.

Dilansir dari The Guardian, Jumat (20/3), pasangan mantan tukang listrik itu diputus Pengadilan di Grasse, Prancis untuk menyerahkan semua barang karya Picasso kepada badan yang mengurusi karya-karya Picasso.

Piere sendiri menolak bahwa karya yang selama ini dicari ahli seni itu merupakan barang curian. Dia mengaku itu adalah hadiah yang diberikan Picasso setelah pelukis asal Spanyol itu meninggal pada tahun 1973.

"Picasso percaya penuh kepada saya," kata Le Guennec di persidangan.

Pierre bekerja untuk janda Picasso selama satu dekade dan telah dikenal sebagai sosok yang terpercaya dan ramah. "Mungkin itu wewenang saya. Monsieur dan Madame (Picasso dan istrinya) memanggilku 'sepupu kecil'," kata Le Guennec.

Dia mengatakan pada suatu hari istri Picasso, Jacqueline, memberikan satu kotak yang ternyata berisi 271 karya seni di dalamnya. "Saya bilang terima asih Madame, dan kami tidak pernah membicarakannya lagi. 

PIERRE Le Guennec dan istrinya Danielle dihukum dua tahun penjara karena dinyatakan bersalah memiliki barang curian selama tak kurang dari 40 tahun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News