Gunung Slamet Bergemuruh, Warga Diminta Jangan Panik

Gunung Slamet Bergemuruh, Warga Diminta Jangan Panik
Gunung Slamet Bergemuruh, Warga Diminta Jangan Panik

jpnn.com - PURWOKERTO - Masyarakat di lereng Gunung Slamet beberapa hari terakhir kerap dikagetkan dengan suara gemuruh yang diduga berasal dari aktivitas Gunung Slamet. Terkait hal itu, relawan di posko induk penanggulangan bencana juga melakukan survei dan pengecekan ke lokasi.

Namun bunyi gemuruh yang terdengar seperti dentuman gunung, hingga kini belum dapat dipastikan. Dugaan sementara, bunyi berasal dari suara petir yang terjadi akhir-akhir ini.

Relawan di Posko Induk Penanggulangan Bencana, Rudi Setiawan mengatakan, untuk mengantisipasi kepanikan masyarakat, pihaknya langsung mengecek ke lokasi. Namun tidak terjadi apa-apa hingga akhirnya tim relawan turun.

"Kita langsung naik dan memang tidak terjadi apa-apa, bahkan informasi dari posko Gambuhan tidak melaporkan adanya peningkatan aktivitas yang signifikan. Meski status aktivitas Gunung Slamet masih waspada," katanya.

Terkait hal itu, dugaan sementara bunyi yang terdengar berasal dari suara gemuruh petir yang memang kerap terjadi. Mengingat saat ini masih terjadi puncak musim penghujan.

Rudi meminta masyarakat untuk tidak panik dan tetap beraktivitas. Terkait informasi aktivitas Gunung Slamet, hingga saat ini masih dipantau terus.

"Masyarakat jangan mudah percaya. Kalau mendengar langsung suara gemuruh, harus dipastikan dulu asal suara tersebut," tegasnya.

Salah satu warga Sumbang, Ardi mengaku sempat mendengar suara seperti gemuruh dari arah Gunung Slamet pada beberapa hari terakhir.

PURWOKERTO - Masyarakat di lereng Gunung Slamet beberapa hari terakhir kerap dikagetkan dengan suara gemuruh yang diduga berasal dari aktivitas Gunung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News