Cabang Karate Bermimpi Sukses di Olimpiade 2020

Cabang Karate Bermimpi Sukses di Olimpiade 2020
Ilustrasi. FOTO: HENDRA EKA/Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Ketua umum PB Federasi Karate Do Indonesia (PB Forki) Gatot Nurmantyo punya mimpi cabang olahraga yang dipimpinnya bisa meraih sukses di Olimpiade 2020 di Jepang. Salah satu cara untuk mewujudkan mimpinya itu, Gatot ingin menciptakan bibit-bibit karateka muda dengan terus melakukan pembinaan di dalam dan di luar negeri.

"Dengan kejuaran-kejuaran daerah dan pengurus-pengurus daerah yang hebat akan  melahirkan atlet-atlet baru untuk tingkatan nasional dan internasional. Kami harus punya mimpi, target kami karate Indonesia bisa masuk Olimpiade. Oleh karena itu, kami akan mempersiapkan diri dari sekarang," kata Gatot usai acara rakernas dan pelantikan pengurus PB Forki untuk periode 2014 - 2018 di Jakarta, Selasa (24/3).

Dia lantas menyebut bahwa kejuaraan- kejuaraan daerah seperti Kejurda, Piala Mendagri, Piala Kasad, WKF, dan AKF di setiap tahunnya akan menjadi turnamen paling penting untuk membentuk karateka menjadi yang terbaik.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu juga mengingatkan bahwa terbentuknya tim pemantau bakat sangatlah penting sebagai upaya menciptakan atlet berkelas dunia. 

Selain itu dia juga berencana menggunakan pelatih asing seperti yang pernah dilakukan di era kepemimpinan Hendardji Soepandji. 

“Yang jelas kami akan sering mengirim karateka untuk bertanding di luar negeri, itu sebagai ajang ujicoba. Itu untuk mengasah pengalaman dan membuat karateka semakin percaya diri," ucap Gatot.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Tono Suratman berharap cabang karate mampu mendongkrak prestasi olah raga Indonesia, dengan berprestasi di ajang Internasional. 

"Kami telah katakan kepada DPR bahwa untuk menciptakan prestasi olah raga diperlukan dana yang cukup. Tanpa dana jangan harap prestasi bisa diraih," ujar Tono yang hadir melantik para pengurus PB Forki. (mas/jpnn)


JAKARTA - Ketua umum PB Federasi Karate Do Indonesia (PB Forki) Gatot Nurmantyo punya mimpi cabang olahraga yang dipimpinnya bisa meraih sukses di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News