Usul Angket dan Calon Kapolri Bakal Panaskan Rapat Bamus DPR

Usul Angket dan Calon Kapolri Bakal Panaskan Rapat Bamus DPR
Usul Angket dan Calon Kapolri Bakal Panaskan Rapat Bamus DPR

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto memerkirakan ada tiga agenda penting yang akan membuat panas rapat Badan Musyawarah (Bamum) DPR. Tiga agenda yang akan dibahas Bamus DPR itu adalah usulan hak angket ke Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Perppu KPK, serta surat dari Presiden Joko Widodo perihal penunjukan Komjen (Pol) Badrodin Haiti sebagai calon Kapolri.

Agus mengayakan, pimpinan DPR baru akan menggelar rapat untuk menentukan jadwal Bamus, besok (27/3) atau Senin (30/3) pekan depan. “Di Bamus akan difokuskan lagi soal KPK, BH (Badrodin, red) dan angket menkumham. Di Bamus memang dibahas lebih rinci, tapi tak boleh mengambil kesimpulan. Bamus akan ramai," katanya di DPR RI, Kamis (26/3).

Politikus Partai Demokrat itu menambahkan, untuk ketiga isu itu akan banyak permasalahan yang dibahas Bamus. Sebab, Bamus merupakan tempat embiro keputusan DPR sebelum dibawa ke paripurna.

Suasana politik di Senayan memang tengah panas pasca-terbitnya SK menkumham tentang pengesahan kepengurusan Golkat di Bawah Agung Laksono. Keputusan itu membuat kubu Aburizal Bakrie yang menguasai Fraksi Partai Golkar di DPR meradang.

FPG pun mengancam akan melebarkan medan perlawanan dengan mengganjal keputusan Presiden Jokowi tentang penunjukan Badrodin sebagai calon Kapolri. Terlebih lagi, mayoritas fraksi termasuk PDI Perjuangan dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) ikut meminta presiden menjelaskan terlebih dulu status Komjen Budi Gunawan yang sebelumnya sudah diusulkan sebagai calon Kapolri dan mendapat persetujuan DPR.(fat/jpnn)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto memerkirakan ada tiga agenda penting yang akan membuat panas rapat Badan Musyawarah (Bamum) DPR. Tiga agenda


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News