Heli Milik si Bos Jatuh, Bandara Pribadinya Bakal Dihancurkan

Heli Milik si Bos Jatuh, Bandara Pribadinya Bakal Dihancurkan
Tim penyelamat mengevakuasi puing helicopter di Danau Hefei, Provinsi Anhui, pada Minggu (22/3). Foto: Stringer/Reuters

jpnn.com - BEIJING - Li, taipan asal Tiongkok, memiliki bandara pribadi secara ilegal. Bukan hanya tak membayar pajak atas bandara yang dimilikinya, namun penerbangan yang dilakukan dari bandara ini bisa berbahaya bagi penerbangan yang lain. Bandara miliknya baru terungkap setelah helikopter miliknya terjatuh.

Pekan lalu, helikopter yang dibeli Li seharga CNY 1 juta ( Rp 2,09 miliar) tidak bisa dikendalikan dan terjatuh di sebuah waduk di wilayah timur Provinsi Anhui. Li sendiri berhasil selamat.

Namun seorang penumpang yang masih berusia 25 tahun tewas. Akibat kejadian ini, jurnalis lokal akhirnya mengetahui bahwa di dekat lokasi jatuhnya helikopter ada bandara ilegal.

Di dalam bandara seluas 20 ribu meter persegi milik Li ini terdapat 3 helipad, landasan pacu sepanjang 400 meter, kolam renang dan kabin. Di sekeliling bandara ini ada kawat berduri untuk mencegah orang masuk.

’’Setiap sisi tembok di dalam kabin bergambar pesawat dan di dasar kolam renang ada logo klub penerbangan,’’ tulis Global Times Kamis (26/3).

Hingga kemarin belum diketahui hukuman yang diberikan pada Li karena memiliki bandara ilegal dan terbang secara ilegal pula. Namun beberapa media lokal menyebutkan bahwa bandara milik kepala manager perusahaan mesin konstruksi tersebut akan dihancurkan dalam beberapa minggu ke depan.

Beberapa tahun belakangan ini kepemilikan bandara pribadi oleh para Taipan Tiongkok memang naik cukup tajam. Namun wilayah udara dikontrol oleh militer dan izin penerbangan pribadi sangat sulit.

Agaknya inilah yang membuat banyak miliarder Tiongkok memiliki bandara tanpa izin. Saat ini hanya beberapa ratus orang saja yang sudah mendaftarkan bandara pribadinya.

BEIJING - Li, taipan asal Tiongkok, memiliki bandara pribadi secara ilegal. Bukan hanya tak membayar pajak atas bandara yang dimilikinya, namun penerbangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News