Ikut Transmigrasi Pantai Kini Bisa Dapat Perahu

Ikut Transmigrasi Pantai Kini Bisa Dapat Perahu
Ikut Transmigrasi Pantai Kini Bisa Dapat Perahu

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah kembali menggalakan program transmigrasi sepanjang   2015 ini. Kali ini, program itu bakal menyentuh daerah kepulauan yang diyakini bisa menggerakkan ekonomi bahari.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mengatakan, pemerintah dalam waktu dekat akan mengirimkan transmigran ke wilayah pantai seperti ke Kepulauan Natuna.

"Kami ajak saudara-saudara para nelayan dari pulau Jawa untuk bersama-sama menggarap potensi ekonomi bahari kita yang luar biasa untuk kesejahteraan bersama seluruh rakyat Indonesia" ujarnya, Jumat (27/3).

Marwan optimistis program ini dapat memercepat pembangunan bangsa. Pasalnya, banyak potensi ekonomi bahari yang dimiliki Indonesia. Tidak hanya perikanan, tapi juga rumput laut, sumber daya mineral hingga wisata bahari. Nilainya diperkirakan 1,2 trilyun USD per tahun. Namun yang sudah tergarap masih sangat kecil. Yakni, baru sekitar 10 persen.

‪Para transmigran nantinya juga akan mendapat berbagai bantuan. Di antaranya ialah lahan, rumah, bantuan biaya hidup bulanan serta perahu dan alat tangkap ikan.

‪"Ini tentunya harus dipandang sebagai peluang yang diberikan oleh negara bagi warganya untuk lepas dari jeratan kemiskinan dan meraih kehidupan yang lebih sejahtera melalui program transmigrasi wilayah pantai," tegas Marwan. (gir/jpnn)

 

‪

JAKARTA - Pemerintah kembali menggalakan program transmigrasi sepanjang   2015 ini. Kali ini, program itu bakal menyentuh daerah kepulauan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News