Tertimpa Mesin Pabrik, TKI Tewas di Korsel

Tertimpa Mesin Pabrik, TKI Tewas di Korsel
Tertimpa Mesin Pabrik, TKI Tewas di Korsel

jpnn.com - BLITAR - Duka menyelimuti keluarga Maliki Eko Suseno. TKI asal Dusun Krajan, Desa Pagerwojo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, itu tewas di Chiliyang, Gyeongsan, Korea Selatan (Korsel), Selasa (24/3). Pria 25 tahun tersebut meninggal karena kecelakaan kerja. Dia dilaporkan tertimpa mesin ketika bekerja di salah satu pabrik milik perusahaan otomotif Korsel.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Blitar Herman Widodo yang diwakili Kepala Seksi (Kasi) Penempatan Kerja Luar Negeri Jarun mengaku sudah mendapat informasi soal meninggalnya TKI asal Desa Pagerwojo itu. Pihaknya mendapat kabar tersebut dari Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dua hari lalu. ''Setelah kami lihat data, ternyata benar Maliki Eko Suseno adalah TKI asal Blitar,'' katanya kemarin (27/3).

Terkait dengan penyebab kematian Maliki, dia mengaku tidak mengetahuinya secara pasti. Tetapi, sesuai informasi yang diterimanya, TKI yang berangkat ke Korsel 19 bulan lalu tersebut meninggal karena tertimpa mesin. ''Berdasar informasi yang kami terima, korban meninggal setelah tubuhnya tertimpa mesin saat bekerja,'' tuturnya.

Dia mengungkapkan, setelah menerima kabar itu, pihaknya langsung menemui Suyono dan Yasmiasih, orang tua korban. Pihaknya langsung mendatangi mereka untuk memberitahukan kabar tersebut.

Dia menjelaskan, sampai saat ini jenazah korban masih berada di Korsel dan dalam proses pemulangan ke tanah air. Meski demikian, pihaknya belum mengetahui secara pasti tibanya jenazah korban di Indonesia. ''Mungkin ada beberapa masalah administrasi yang belum selesai. Jadi, jenazah korban belum dapat diterbangkan ke tanah air,'' terangnya.

Menurut dia, pihaknya akan membantu kepulangan jenazah serta pencairan asuransi maupun gaji korban secara maksimal. Untuk itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) maupun BNP2TKI. ''Kami akan membantu pemulangan jenazah hingga tiba di rumah duka,'' janjinya. (ful/ziz/dwi/mas)


BLITAR - Duka menyelimuti keluarga Maliki Eko Suseno. TKI asal Dusun Krajan, Desa Pagerwojo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, itu tewas di Chiliyang,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News