Duh Kasihan, Monyet Ini Terancam Punah

Duh Kasihan, Monyet Ini Terancam Punah
Ilustrasi

jpnn.com - MANADO - Yaki, atau Monyet Wolai yang biasa juga disebut Monyet Hitam (Macaca Nigra) kian terancam punah di Sulawesi Utara (Sulut). Populasi monyet ini dalam 30 tahun terakhir mengalami penurunan drastis. Tersisa kurang dari 5.000 ekor. 

Faktor utamanya karena satwa endemik Sulawesi ini marak diburu masyarakat untuk dikonsumsi maupun dipelihara. 

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulut Sudiono mengakuinya. “Khusus di Sulut, Yaki diperkirakan populasinya berkisar tinggal 5000 ekor,” ungkapnya, seperti dikutip dari Manado Post (Grup JPNN), Minggu (29/3).

Tak hanya Yaki, sejumlah hewan langka lainnya di Sulut juga memprihatinkan. Untuk Tarsius diakui populasinya masih cukup banyak. Tetapi hewan Anoa sudah punah. Babi Rusa juga sudah punah. “Sudah punah. Masyarakat tak pernah melihat lagi hewan tersebut. Babi Rusa sekali beranak hanya satu. Itu pun kalau bertahan hidup. Justru itu kita lindungi. Jika tidak hewan lain akan punah juga,” ujarnya.

Kata dia, perburuan hewan saat ini terbilang masih banyak. Ada yang berburu karena berhubungan dengan faktor ekonomi. “Kurangnya kesadaran masyarakat, termasuk orang yang berpendidikan pun masih belum paham. Itu yang kita sayangkan,” sesal Sudiono. 

BKSDA Sulut sendiri, lanjut dia, sudah melakukan berbagai upaya untuk melindungi hewan. Sudah dipublikasikan lewat media sosial dan sudah dilapor di Polda. “Tinggal dari Polda melakukan seperti apa,” tuturnya. 

Sudiono menjelaskan, sebenarnya peraturan daerah (Perda) yang mengatur perdagangan hewan sudah diwacanakan. “Perdanya sementara disusun bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH),” terangnya. 

Dia berharap, perburuan masyarakat bisa ditekan. Perdagangan satwa dihindari. “Kita mengharapkan bagaimana penelitian ke arah penangkaran. Sehingga satwa-satwa yang dilindungi bisa diselamatkan,” ujarnya. 

MANADO - Yaki, atau Monyet Wolai yang biasa juga disebut Monyet Hitam (Macaca Nigra) kian terancam punah di Sulawesi Utara (Sulut). Populasi monyet

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News