Warga Minta Pemerintah Batam Relokasi Limbah B3 Industri dari Pemukiman

Warga Minta Pemerintah Batam Relokasi Limbah B3 Industri dari Pemukiman
Warga Minta Pemerintah Batam Relokasi Limbah B3 Industri dari Pemukiman

jpnn.com - SAGULUNG - Warga yang berdiam di sekitar ruko Komplek Central Aneka Siaga, Mandalay Sagulung resah. Pasalnya di deretan ruko blok B nomor 10 itu terdapat tumpukan limbah B3 berupa oil Sludge dan debu gross. Warga merasah risih takut terkena penyakit akibat kontaminasi limbah B3 itu.

Keberadaan limbah yang mengandung zat berbahaya itu sudah sampai ke telingah sejumlah anggota DPRD Batam dan sejumlah anggota DPRD Batam diinformasikan sudah melakukan sidak, namun sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya. Limbah B3 itu masih ada di lokasi penimbunan.

Informasi yang diterima di lapangan, limbah B3 itu, diinformasikan milik salah satu perusahaan di Mukakuning. Limbah itu bukannya dibuang ke lokasi yang ditentukan tapi malah di tampung di lokasi pemukiman warga. Ada indikasi permainan anggota dewan dengan pemilik limbah sebab meskipun diketahui bersalah, penanggung jawab dan keberadaan limbah itu belum ditindak lanjuti.

Agus salah satu warga di lokasi limbah menuturkan, sebelumnya memang lokasi limbah itu pernah didatangi sejumlah anggota dewan dan sempat terdengar informasi kalau anggota dewan menyatakan keberadaan limbah itu ilegal dan berbahaya. Namun yang disesalkan warga kepana tak ada tindak lanjutnya. "Ada apa?, kok diam anggota dewan itu," kata Agus.

Akibat keberadaan limbah itu warga bukan saja merasa terancam dengan penyakit, tapi juga terganggu karena suara bising kendaraan yang kerap keluar masuk di lokasi ruko itu. "Sejak limbah itu ada. Banyak lori masuk sini," kata Agus.

Warga berharap agar pemerintah dan instansi terkait segera mengecek dan menindak lanjuti keberadaan limbah tersebut.

Sementara pantauan Batam Pos (Group JPNN.com), Sabtu (28/3) di lokasi ruko yang diinformasikan lokasi penimbunan limbah tersebut, tampak ada dua unit truk. Satu truk putih berada dalam ruko dengan posisi pintu roling door setengah terbuka. 

Satu lagi truk dengan tulisan PT Garuda Area Jaya Tranposter Limbah parkir di depan ruko tersebut. Truk-truk tersebut diinformasikan warga sekitar sebagai truk pengangkut limbah.

SAGULUNG - Warga yang berdiam di sekitar ruko Komplek Central Aneka Siaga, Mandalay Sagulung resah. Pasalnya di deretan ruko blok B nomor 10 itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News