Dukung Sejuta Rumah, BTN Bantu Pengadaan Lahan

Dukung Sejuta Rumah, BTN Bantu Pengadaan Lahan
Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA--Sebagai bank pelat merah, BTN jor-joran dalam mendukung program pemerintah, salah satunya program sejuta rumah. Sampai saat ini, bank penyalur kredit pemilikan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), 90 persennya dari BTN.

Menurut Dirut Bank BTN Maryono, sesuai tugas utamanya, Bank BTN akan membantu pemerintah dalam menyalurkan kredit subsidi perumahan. Bahkan Bank BTN memiliki kebijakan untuk membantu mengatasi kesulitan lahan.

“Untuk developer yang mengalami kesulitan lahan, Bank BTN dapat membantu sebesar 50 persen untuk pengadaan lahan yang diperuntukan bagi pembangunan rumah bersubsidi," kata Maryono dalam siaran pers yang diterima JPNN, Rabu (8/4).

Sementara itu Dirut Perum Perumnas Himawan Arief, mengatakan, Perumnas akan kembali ke tupoksi asalnya. “Perumnas akan fokus pada pembangunan rumah bagi MBR, tidak hanya ke pembangunan komersial lainnya," ujar Himawan.

Perumnas, lanjutnya, harus dapat menyediakan rumah tidak jauh dari perkotaan. Untuk itu, Perumnas memiliki anggaran sebesar Rp 2 triliun untuk belanja lahan dengan target pembangunan rumah sebanyak 36 ribu.

Sementara itu, Pengamat Perkotaan dan Permukiman Yayat Supriyatna mengatakan, kunci utama dalam penyediaan perumahan adalah lahan. Karena itu perlu diperhatikan kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengatasi keterbatasan lahan.

"Kerja samanya dapat dilakukan dengan BUMN untuk memanfaatkan lahan yang tidak terpakai. Sedangkan Perumnas dan Pemda terkait dengan penyediaan fasilitas sosial (Fasos) dan fasilitas umum (Fasum)," tandasnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Sebagai bank pelat merah, BTN jor-joran dalam mendukung program pemerintah, salah satunya program sejuta rumah. Sampai saat ini, bank penyalur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News