KAI Gandeng Empat Bank untuk Bangun KA Bandara Soetta

KAI Gandeng Empat Bank untuk Bangun KA Bandara Soetta
KAI Gandeng Empat Bank untuk Bangun KA Bandara Soetta. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama PT Angkasa Pura (AP) II tahun ini bakal memulai membangun jalur ganda KA Bandara Soekarno Hatta dari Stasiun Batu Ceper sepanjang sekitar 12 kilometer.

Pembangunan jalur KA Bandara Soetta ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Perpres No 83 Tahun 2011 tentang Penugasan PT Kereta Api Indonesia untuk menyelenggarakan prasarana dan sarana kereta Bandara Soekarno-Hatta dan Jalur Lingkar Jabodetabek

"Tujuan pembangunan jalur KA bandara ini untuk meningkatkan pelayanan moda transportasi KA, khususnya untuk melayani angkutan penumpang dari Jakarta ke Bandara Soetta melalui Kota Tangerang, yang akan dioperasikan oleh PT Railink," ujar Direktur Keuangan PT KAI, Kurniadi Atmosasmito di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Senin (20/4).

Untuk mendukung pembangunan sarana dan prasarana KA Bandara Soetta, PT KAI melakukan penandatanganan dua perjanjian kredit, yang dilakukan oleh Direktur PT Railink Heru Kuswanto, Direktur Bank BRI Gatot Mardiwasisto, Direktur Bank BCA Suwignyo Budiman, Direktur Bank BNI, Sutanto dan Direktur Bank Mandiri Royke Tumilaar.

Perjanjian pertama yakni antara PT KAI dengan Bank Sindikasi yang terdiri dari BRI, Bank BCA, BNI, dan Bank Mandiri senilai Rp 1.449.096.152.000. Selanjutnya penandatanganan kedua dilakukan antara PT Railink dengan Bank Sindikasi, yang terdiri dari BRI, Bank BCA, BNI, dan Bank Mandiri senilai Rp 612 miliar.

"Perjanjian kredit ini merupakan salah satu bentuk komitmen PT KAI terhadap penugasan pemerintah untuk membangun KA Bandara Soetta. Perjanjian ini berlaku untuk jangka waktu kredit selama 14 tahun sejak ditandatanginya," jelasnya.

Dengan adanya perjanjian kredit bersama bank sindikasi, diharapkan pembangunan prasarana dan sarana KA Bandara Soetta dapat segera rampung. Nantinya KA Bandara Soetta akan beroperasi dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Bandara Soetta melewati Stasiun Sudirman Baru, Duri, dan Batu Ceper sebagai stasiun pemberhentian. Total jarak yang dilintasi sepanjang 36,3 km terdiri dari 24,2 km jalur eksisting dan 12,1 km jalur baru. (chi/jpnn)


JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama PT Angkasa Pura (AP) II tahun ini bakal memulai membangun jalur ganda KA Bandara Soekarno Hatta dari


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News