Ribuan Warga Baduy Masuk Serang, Ada Apa?

Ribuan Warga Baduy Masuk Serang, Ada Apa?
Ribuan Warga Baduy Masuk Serang, Ada Apa?

jpnn.com - JPNN.com SERANG – Ribuan warga Baduy yang tengah mengikuti prosesi ritual Seba, telah sampai di Pendopo Bupati Lebak, Jumat (24/4/2015) malam.

Selain akan melakukan prosesi Seba seperti menyerahkan hasil bumi kepada Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, ribuan warga tersebut diagendakan akan menginap di kawasan pendopo.

Seba merupakan ritual sakral bagi warga Baduy dan wajib dilakukan setiap satu tahun sekali.

Dalam seba warga Baduy akan melaporkan kondisi yang dialaminya dan menyampaikan berbagai aspirasi masyarakat terkait dengan kondisi alam. Mereka ingin kelestarian alam tetap dijaga.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pemprov Banten Ali Fadilah, Jumat (24/4/2015), mengungkapkan, ribuan warga Baduy tersebut akan mulai memasuki Kota Serang Sabtu (25/4/2015) besok pukul 13.00.

Malam harinya mereka diagendakan untuk menggelar prosesi puncak yakni Seba kepada Plt Gubernur Banten Rano Karno di Eks Pendopo Gubernur  di Jalan Brigjen KH Syamun No 5 Kota Serang.

“Untuk seba ke Bupati Pandeglang, hanya perwakilannya saja,” kata Ali.

Ditambahkan Ali,  perwakilan warga Baduy juga diagendakan untuk mengunjungi Banten Lama. (bayu/awa/jpnn)


JPNN.com SERANG – Ribuan warga Baduy yang tengah mengikuti prosesi ritual Seba, telah sampai di Pendopo Bupati Lebak, Jumat (24/4/2015) malam.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News