Edan! Untuk Poster Cagub-cawagub saja Rp 33,1 Miliar

Edan! Untuk Poster Cagub-cawagub saja Rp 33,1 Miliar
Penghitungan suara di pilkada. Foto: ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - PADANG - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menjamin ketersediaan anggaran pilkada yang akan digelar 9 Desember 2015.

Meski demikian, Irwan dan jajarannya masih menunggu tambahan anggaran pilkada yang pasti dari KPU Sumbar. Data sementara, anggaran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan pilkada serentak Rp 165 miliar lebih. Dari jumlah tersebut, dana untuk pengadaan poster calon gubernur dan wakil gubernur sekitar Rp 33,1 miliar

’’Insya Allah, pelaksanaan pilkada serentak di Sumbar bisa dilakukan pada Desember nanti. Alasannya, Sumbar merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang sukses melaksanakan pilkada serentak lima tahun lalu,’’ katanya setelah menghadiri pelantikan panitia pengawas pemilu (panwaslu) kabupaten dan kota di Padang Kamis (30/4).

Dia mengatakan bahwa sebelumnya pihak pemprov terkejut dengan estimasi anggaran pilkada serentak yang membengkak menjadi lebih dari Rp 165 miliar. Dalam pengajuan awal, tambah Irwan, dana untuk pilkada itu Rp 45 miliar. ’’ Kalau ada kekurangan, ditambah pada APBD perubahan (APBDP),’’ sebut Irwan.

Namun, begitu KPU merevisi ulang aturannya karena berbagai keperluan kampanye, jumlah anggaran naik menjadi empat kali atau Rp 165 miliar lebih. Hal itu, lanjut Irwan, tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh pemprov.

Namun, politikus PKS itu menerangkan, dana Rp 165 miliar yang dianggarkan KPU itu hitungan kasar. Soal berapa jumlah pasti serta perinciannya belum disampaikan oleh KPU. Dia yakin anggaran kampanye yang membuat kebutuhan dana pilkada membengkak masih bisa diperkecil.

’’Kami akan tetap berkoordinasi dengan KPU untuk menghitung kembali seberapa besar kebutuhan anggaran sebelum dimasukkan ke anggaran perubahan nanti,’’terang Irwan.

Sementara itu, anggaran untuk pilkada yang telah disahkan pemerintah bersama DPRD sekitar Rp 45 miliar. Hingga kini, anggaran tersebut belum bisa dicairkan karena belum ada petunjuk teknis dari Kemendagri.

PADANG - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno menjamin ketersediaan anggaran pilkada yang akan digelar 9 Desember 2015. Meski demikian,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News