Mencuat, Aspirasi Pembentukan Provinsi Sultim dan Sintuwu Raya

Mencuat, Aspirasi Pembentukan Provinsi Sultim dan Sintuwu Raya
Mencuat, Aspirasi Pembentukan Provinsi Sultim dan Sintuwu Raya

jpnn.com - TOUNA – Belakangan muncul aspirasi dua pembentukan provinsi baru Provinsi Sintuwu Raya daripada Provinsi Sultim, yang ingin pisah dari induknya, Sulteng.

Namun, salah seorang anggota DPRD Kabupaten Tojo Unauna (Touna) Jafar M Amin mengaku lebih memilih mendukung pembentukan Provinsi Sintuwu Raya daripada Provinsi Sultim, yang dinilai sangat kental muatan politiknya.

Anggota Fraksi Nasdem ini mengatakan, aspirasi pembentukan Provinsi Sultim yang menghangat lagi jelang pilkada patut dicurigai. "Nanti sudah dekat Pilkada, baru isu pembentukan Sultim menghangat, ini ada apa," ujar Jafar seperti diberitakan Radar Sulteng (grup JPNN).

Menurutnya, lebih baik masyarakat Touna mendiskusikan Provinsi Sintuwu Raya, karena bagaimanapun wilayah Sintuwu Raya sangat layak dan berpotensi untuk menjadi satu provinsi.

Kata dia, Sintuwu Raya nantinya ada beberapa kabupaten yang gabung, di antarannya Kabupaten Touna, Kabupaten Poso, Morowali dan Morowali Utara. Kemudian akan ada rencana dimekarkan lagi yakni Kota Poso, Lore Lindu, dan Kabupaten Konservasi di wilayah Tojo Unauna.

"Jadi kita bahas ini saja daripada terlalu sibuk membahas Sultim yang punya muatan politik," tegasnya. (pay/sam/jpnn)

 


TOUNA – Belakangan muncul aspirasi dua pembentukan provinsi baru Provinsi Sintuwu Raya daripada Provinsi Sultim, yang ingin pisah dari induknya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News