Nasib Tujuh Balon Gubernur dari Golkar Belum Jelas

Nasib Tujuh Balon Gubernur dari Golkar Belum Jelas
Nasib Tujuh Balon Gubernur dari Golkar Belum Jelas

jpnn.com - BENGKULU - Nasib tujuh bakal calon (balon) gubernur yang sudah mendaftarkan diri dalam proses penjaringan yang dilakukan DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu kubu Aburizal Bakrie (ARB), terancam menggantung.

Pasalnya DPD I Golkar Bengkulu sudah mengumumkan kelanjutan tahapan penjaringan pascapendaftaran bakal calon, masih menunggu instruksi DPP. Sedang DPP Golkar masih menunggu perkembangan politik terkait rencana revisi Undang-Undang Partai Politik (Parpol). Sementara sebagaimana diketahui, Mendagri sudah mengambil sikap menolak usulan revisi Undang-Undang tersebut.

Kemungkinan proses penjaringan menggantung tersebut diperkuat oleh pernyataan Sekretaris DPD Golkar Provinsi Bengkulu, Afrizal Arifin.

Dia mengatakan, DPD  belum akan melanjutkan tahapan penjaringan selama belum ada instruksi dari pusat.

"Tahapan selanjutnya, DPD Golkar masih menunggu instruksi DPP. Setelah proses pendaftaran, DPD tidak akan melakukan tahapan lanjutan sebelum mendapat instruksi," kata Afrizal.

Meski demikian, Afrizal mengaku cukup optimis kepengurusannya yang lebih berhak mengikuti Pilkada Serentak 2015. Dalam waktu dekat bahkan mereka segera mengirimkan 7 nama balon Gubernur ke DPP. Tahapan ini berbeda dengan partai lainnya yang sudah lebih dulu melakukan proses penjaringan.

"Kami mengirimkan nama-nama balon yang sudah mendaftar tersebut merupakan instruksi penjaringan dari DPP. Instruksi dari pusat ke kami cukup jelas. Membuka pendaftaran, dan melaporkan hasilnya. Kami belum diberi instruksi untuk penyeleksian seperti fit and proper test, survei dan lain sebagainya," ujar Afrizal.

Afrizal mengaku Golkar masih menunggu perkembangan dinamika politik soal dualisme kepengurusan di tubuh Golkar. Alasan terutama saat ini Golkar masih menunggu hasil revisi Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik dan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

BENGKULU - Nasib tujuh bakal calon (balon) gubernur yang sudah mendaftarkan diri dalam proses penjaringan yang dilakukan DPD Partai Golkar Provinsi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News