Robot Ini Lihai Memasak, Harganya USD 15 Ribu

Robot Ini Lihai Memasak, Harganya USD 15 Ribu
Sepasang lengan Moley meliputi artikulasi bahu, siku, dan jari yang mampu berimprovisasi dengan alat masak lain.(Newhouse)

jpnn.com - THE Moley Robotic Kitchen, sebuah robot yang diklaim merupakan world’s first robotic kitchen, bisa memasak layaknya seorang chef profesional.

Moley adalah hasil inovasi sebuah perusahaan robot yang bermarkas di Inggris, Moley Robotics. Pembuatan Moley dipimpin Mark Oleynik.

Dia berkolaborasi dengan Sebastian Conran, desainer peralatan masak Dysegno and The Yathline Company, produsen furnitur dapur, serta Shadow Robot Company, perusahaan yang produknya digunakan industri nuklir dan NASA.

Secara fisik, Moley berbentuk perangkat dapur yang terdiri atas kompor, wastafel, dan peralatan masak lain. Tapi, bagian utamanya adalah sepasang lengan yang dapat bergerak cukup dinamis. Gerakan tersebut meliputi artikulasi lengan, bahu, siku, pergelangan tangan, dan jari.

Menurut Shadow Robot, dua tangan tersebut merupakan puncak dari riset selama dua dekade. Moley bisa menghasilkan gerakan luwes mirip manusia dengan menggunakan 20 motor penggerak, 24 sendi, dan 129 sensor.

Namun, untuk dapat memasak layaknya chef, Moley perlu diberi pelajaran lebih dulu. Moley Robotics memilih Tim Anderson, pemenang BBC MasterChef 2011, untuk mengajari Moley.

’’Aku mengulangi satu resep lima kali, lalu seorang programmer merekamnya dan memilih yang terbaik. Moley akan mencontoh persis seperti yang aku lakukan,’’ jelas Anderson pada NRP.

Chef itu memasak bisque kepiting sebagai pelajaran pertama bagi Moley. Resep tersebut dinilai cukup menantang oleh Anderson, bahkan bagi chef manusia sekalipun. Setelah beberapa kali trial, robot chef itu baru bisa membuat resep Anderson dengan sempurna.

THE Moley Robotic Kitchen, sebuah robot yang diklaim merupakan world’s first robotic kitchen, bisa memasak layaknya seorang chef profesional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News