Dukung Gerakan Nasional Rehabilitasi 100 Ribu Penyalahguna Narkoba

Dukung Gerakan Nasional Rehabilitasi 100 Ribu Penyalahguna Narkoba
Dukung Gerakan Nasional Rehabilitasi 100 Ribu Penyalahguna Narkoba. Foto for JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) gencar melakukan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Kelompok yang disasar kali ini adalah sekotor kesehatan dengan melibatkan STIKES Binawan, Universitas As Syafiiyah, STIK St Carolus, dan Ikatan Bidan Indonesia.

Kasubdit MNE Dep Bid Pencegahan BNN, Retno Sukesti saat membuka kegiatan P4GN mengatakan rencana aksi besar di tahun 2015 dengan tema Hari Anti Narkoba (HANI) tahun 2015 yang mendukung gerakan rehabilitasi bagi penyalahguna narkoba. Diantaranya: Ayo Dukung Gerakan Nasional Rehabilitasi 100.000 Penyalahguna Narkoba, Bersama kita Selamatkan Penyalahguna Narkoba Melalui Rehabilitasi, dan Generasi Emas Generasi Sehat Tanpa Narkoba.

"Kegiatan P4GN di sektor kesehatan memasuki tahap ke III, kalau sebelumnya para peserta diberikan materi tentang pencegahan dan UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika," kata Retno di acara P4GN di ruang Melodi MTH Square Jakarta, Rabu (13/5).

Sementara itu, Direktur Penguatan Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat Dep. Bid. Rehabilitasi BNN, Riza Sarasvita, menerangkan bahwa gerakan rehabilitasi 100.000 penyalahguna diharapkan dapat  menekan laju prevalensi penyalahguna narkoba yang pada tahun 2014 mencapai 2,18 persen  atau setara dengan 2,8-4,2 juta org (data Puslitkes UI).

Mereka yang mengikuti rehabilitasi diharapkan kembali berfungsi sosial bisa kembali bekerja, kuliah, bertanggung jawab terhadap hidupnya, serta meningkatkan ketersediaan kapasitas lembaga di setiap kabupaten/kota yang dahulu hanya 1 atau 2 lembaga saja.

Karenanya, untuk menekan peningkatan penyalahguna narkoba, paramedis diharapkan berperan aktif dan mengoptimalisasi layanan napza pada fasyankes, sosialisasi dan penjangkauan pada poli di wilayahnya masing-masing.

Pada kegiatan yang dipandu Tim Asistensi BNN, Paulina G. Padhohoedojo, para peserta  akan melaksanakan lomba poster anti narkoba, sosialisasi P4GN bagi masyarakat dan mahasiswa kampus, pemilihan duta narkoba, kunjungan ke lido, sosialisasi tumbuh kembang anak di posyandu, konser anti narkoba di kampus, dan kuliah umum tentang P4GN. (awa/jpnn)


JPNN.com JAKARTA - Badan Narkotika Nasional (BNN) gencar melakukan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News