Jokowi Ajak Masyarakat Perhatikan Kemaritiman

Jokowi Ajak Masyarakat Perhatikan Kemaritiman
gil jpnn

jpnn.com - SURABAYA - Presiden Joko Widodo meresmikan revitalisasi‎ Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan Terminal Teluk Lamong, Jumat (22/5). Dalam sambutannya, presiden yang akrab disapa Jokowi itu mengingatkan masyarakat lebih memerhatikan kemaritiman.

"Kita sudah lama lupa, dan ini perlu saya ingatkan bahwa 2/3 wilayah Indonesia adalah air. Oleh sebab itu, kita harus mulai kembali berpikir untuk lebih memperhatikan kemaritiman kita, kelautan kita," kata Jokowi di ‎Surabaya, Jumat (22/5).

Jokowi mengungkapkan, saat ini Terminal Teluk Lamong baru memiliki kapasitas menampung kontainer mencapai sebesar 1,5 juta TEUs per tahun. Dia berharap, jumlah itu akan meningkat. "Kami harapkan pada 2020 paling tidak, bisa mencapai 5,5 juta TEUs per tahun," ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, hal senada juga berlaku bagi pelabuhan-pelabuhan lainnya. Di Tanjung Priok, misalnya. Saat ini mereka memiliki kapasitas‎ 5,5 juta TEUs per tahun. Diharapkan, empat tahun mendatang, Tanjung Priok memiliki kapasitas 15 juta TEUs per tahun.

‎"Di semua pelabuhan juga sama, peningkatannya harus melonjak tiga sampai empat kali. Kalau tidak seperti itu biaya-biaya transportasi, logistik kita akan mahal sekali," ujar Jokowi. (gil/jpnn)

 

 

 


SURABAYA - Presiden Joko Widodo meresmikan revitalisasi‎ Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) dan Terminal Teluk Lamong, Jumat (22/5). Dalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News