Pelabuhan Batuampar Batam Kini Mampu Tampung 1.000 Kontainer

Pelabuhan Batuampar Batam Kini Mampu Tampung 1.000 Kontainer
Ilustrasi

jpnn.com - BATAM - Pelabuhan Batuampar Batam sudah dioperasikan dengan kapasitas mampu menampung 1.000 kontainer. Bahkan, kapal mother vessel (MV) tujuan Jakarta, Surabaya, dan Pekanbaru lima hari sekali singgah di pelabuhan Batuampar.

"Sudah satu bulan ini beroperasi. Saya yang menghadiri peresmian beroperasinya pelabuhan Batuampar yang bisa disinggahi MV ini, merasa bangga. Pelabuhan Batuampar Batam akan menjadi pelabuhan petikemas," ujar Deputi V Bidang Pelayanan Umum Badan Pengusahaan Kawasan (BP) Batam, Fitrah Kamaruddin di sela-sela acara coffee morning dengan Kadin Batam di Graha Kadin Batam, Jumat (25/5).

Dalam coffee morning tersebut didampingi Direktur Lalulintas Barang BP Batam, Tri Novianto Putra. Coffee morning itu sendiri dipimpin Ketua Kadin Kepri Jadi Rajagukguk dan anggotanya James Maryanus Simaremare, M Effendi Ibrahim, Abdul Razak, Yusmen Liu, Rusmini Simorangkir, dan Djohar Arief.

Kadin sebagai organisasi pengusaha berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1987 tentang Kadin, harus berdagang dan tempat konsultasi pengusaha dan pemerintah, untuk memajukan pembangunan ekonomi Batam. Sedangkan BP Batam, kata Fitrah, juga berdagang dan menarik investor menanamkan modalnya di Batam.

"Saya buka wacana berpikir anggota Kadin sekarang, kenapa harga makanan di Batam lebih mahal dari Malaysia untuk restoran kelas 1. Ini karena daging dan ikan bukan orang Batam sendiri yang kelola. Cobalah ada kuota pemasukan daging ke Batam, Kadin yang pegang dan dijalankan benar-benar. Saya yakin harga konsumsi di Batam murah," ujar Fitrah.

Pengoperasian pelabuhan Batuampar, masih Fitrah, akan membuka peluang besar bagi anggota Kadin mensuplai kebutuhan bagi perusahaan-perusahaan besar di Batam. "Ada perusahaan besar di Kabil, masa untuk kebutuhan kotak saja dipenuhi dari Singapura. Setelah dibuka pelabuhan kontainer Batuampar, anggota Kadin harus memanfaatkan ini," ujar Fitrah.

Novianto menegaskan, kalau ada keluhan soal perizinan lalulintas barang, pihaknya siap turun membantu. Bahkan, Noviantor berani menjamin jika permohonan perizinan paling lama empat hari kalau persyaratan sudah lengkap.

"Sekarang ini perizinan di BP Batam sudah sistim online. Dulu sudah online juga, tapi sistimnya rusak. Sekarang sudah diperbaiki dan diaktifkan kembali," ujarnya.

BATAM - Pelabuhan Batuampar Batam sudah dioperasikan dengan kapasitas mampu menampung 1.000 kontainer. Bahkan, kapal mother vessel (MV) tujuan Jakarta,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News